Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaBagaimana Hukum Memotong Kuku saat Puasa Ramadan? Batal atau Tidak

Bagaimana Hukum Memotong Kuku saat Puasa Ramadan? Batal atau Tidak

Bogordaily.net – Bagaimana hukum memotong kuku saat di bulan Ramadan? Apakah akan memengaruhi ibadah yang kita jalani di bulan suci ini?

Memotong kuku saat saat mejalankan ibadah baik Ramadan atau sunnah, boleh dilakukan dan justru menjadi amalan sunnah karena dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“lima hal termasuk sunnah, yaitu mencukur rambut kemaluan, khitan, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, dan memotong kuku.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadits di atas, jelas bahwa memotong kuku termasuk salah satu ibadah sunnah yang sangat baik untuk dilakukan. Karena dengan memotong kuku dapat membantu Anda untuk menjaga kebersihan diri, terutama dibagian kecil dari tubuh.

Disebutkan bahwa Rasulullah SAW Arajin memotong kuku dan juga bulu kemaluannya tidak lebih dari 40 hari. Karena, jika lebih dari waktu tersebut maka kuku dan rambut akan tumbuh semakin panjang dan bisa menjadi sarang menempelnya berbagai kotoran.

Melansir dari Kompas.com, Ustaz Maulana mengatakan bahwa memotong kuku di saat atau bulan Ramadan tidak akan membatalkan seseorang. Mengapa demikian? Sebab, memotong kuku juga merupakan hal yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Memotong kuku adalah sunah Nabi, bahkan sangat dianjurkan untuk tidak membiarkan kuku panjang lebih dari 40 hari. Tidak ada dalil yang menyatakan bahwa memotong kuku saat adalah haram atau tidak diperbolehkan.

“Memotong kuku saat bulan Ramadan atau , aman untuk dilakukan,” ujar Ustaz Maulana.

Lebih lanjut, Ustaz Maulana menjelaskan bahwa memotong kuku tidak termasuk hal yang membatalkan karena berada di luar tubuh. Artinya, tidak memasukkan sesuatu ke dalam tubuh atau membahayakan rongga mulut.

“Yang terkait adalah kebersihan dikhawatirkan kalau ada najis yang menempel maka terhalang air pada anggota tubuh,” kata Ustaz Maulana.

Jadi, kita boleh memotong kuku saat berpuasa karena tidak akan menyebabkan ibadah menjadi batal.

Itulah penjelasan seputar hukum memotong kuku saat puasa. Utamakan untuk selalu menjaga kebersihan diri, ya. Selain karena anjuran agama, dengan menjaga kebersihan diri berarti kita juga turut menjaga kesehatan.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here