Tuesday, 23 April 2024
HomeNasionalSyarikat Islam Tanggap Bencana Bogor Raya dan Relawan Pelajar Kebencanaan Resmi Dikukuhkan

Syarikat Islam Tanggap Bencana Bogor Raya dan Relawan Pelajar Kebencanaan Resmi Dikukuhkan

Bogordaily.net– Syarikat Islam Tanggap Bencana (SIGAP) Bogor Raya resmi dikukuhkan bersamaan dengan Relawan Pelajar Kebencanaan SI-LEBAH 99, Minggu, 12 Maret 2023.

DPC Syarikat Islam Terus melakukan kaderisasi dan penguatan organisasi. Bentuk kegiatan itu dengan dikukuhkannya organisasi sayap Syarikat Islam yakni SIGAP Bogor Raya. Selain pelantikan pengurus SIGAP Bogor Raya, secara bersamaan dilanjutkan Pengukuhan dan Relawan Pelajar Kebencanaan yang diberikan nama SI-LEBAH 99.

Pelantikan SIGAP Bogor dan Relawan Pelajar Kebencanaan digelar di Sekolah Alam Katulampa , Minggu, 12 Maret 2023. Acara dihadiri Ketua Badan SIGAP Nasional, Agustian dan para  Pengurus DPC Syarikat Islam , jajaran Dewan Pembina seperti Rino Indira, Bedjo Santoso, Najamuddin.

Kemudian jajaran pimpinan cabang hadir Ketua DPC Syarikat Islam Subhan Murtadla, Sekretaris Firdaus dan Wakil Ketua Ruli Indrawan.  Selain itu ada pula sejumlah tamu undangan di antaranya Polresta Bogor Kota, BPBD , Damkar, Satpol PP serta Dinas Sosial.

Syarikat Islam Tanggap Bencana Bogor Raya
SIGAP Bogor Raya dan Relawan Pelajar Kebencanaan SI-LEBAH 99 resmi dikukuhkan. (Dok Syarikat Islam /Bogordaily.net)

Dalam kegiatan tersebut, pengurus SIGAP Bogor Raya dilantik oleh Ketua Badan SIGAP Nasional, Agustian sedangkan Relawan Pelajar Kebencanaan SI-LEBAH 99 dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pembina SIGAP Rino Indira.

Ketua DPC Syarikat Islam, Subhan Murtadla mengatakan pelantikan ini merupakan rangkaian dari konsolidasi organisasi dan kaderisasi. Pengurus SIGAP kata dia, kebanyakan dari kalangan kampus para mahasiswa.

Syarikat Islam Tanggap Bencana Bogor Raya

“Pengurus SIGAP didominasi kaum milineal, mahasiswa dan pelajar yang memiliki semangat tinggi, mendedikasikan diri pada lingkungan,” ujar Subhan dalam keterangan yang diterima Bogordaily.net, Minggu, 12 Maret 2023.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina SIGAP Bogor Raya, Rino Indira berharap SIGAP dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan. Pendidikan lingkungan menurut Rino harus dilakukan sejak usia muda.

“Dibentuknya Relawan Pelajar Kebencanaan dari Pelajar SMA, MA dan SMK di , merupakan bentuk komitmen SIGAP dalam menjalankan tugasnya, memberikan edukasi pendidikan kebencanaan lingkungan” kata Rino.

Ketua Badan Daerah SIGAP Bogor Raya, Bambang Juanda menambahkan, Relawan Pelajar Kebencanaan SI-LEBAH 99 menjadi duta lingkungan di sekolahnya, memberikan informasi terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Syarikat Islam Tanggap Bencana Bogor Raya

“Rekrutmen Keanggotaan Relawan Pelajar Kebencanaan ini, akan terus bertambah dan pengurus SIGAP akan menjalin komunikasi dengan kantor cabang dinas, kepala sekolah, begitu juga bersama Kemenag yang menaungi Sekolah Madrasah,” jelasnya.

Kegiatan  SIGAP Bogor Raya ditutup oleh Wakil Wali , Dedie A Rachim sebagai Ketua Dewan Cabang DPC  Syarikat Islam .  Ia pun mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pengurus SIGAP Bogor Raya.

“Generasi muda harus menjadi garda terdepan dalam kegiatan Lingkungan, persoalan lingkungan dan kebencanaan menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Dedie A. Rachim.

Pengurus SIGAP kata dia harus terus membangun komunikasi,  bersinergi dengan pihak-pihak terkait termasuk Pemerintah .

“Mari kita wujudkan Kota Bogor menjadi kota ramah lingkungan. Baru-baru ini Kota Bogor mendapatkan penghargaan Adipura. Ayo kita jaga bersama dan pertahankan apa yang telah dicapai,” harapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here