Friday, 19 April 2024
HomeNasionalWarisan Gubernur HR Nuriana, Masjid Al Imtijaz di Kota Bandung Bernuansa Tiongkok

Warisan Gubernur HR Nuriana, Masjid Al Imtijaz di Kota Bandung Bernuansa Tiongkok

Bogordaily.net – Tidak hanya masjid Al-Jabbar, di Kota juga terdapat masjid raya bernuasa yakni Masjid Al Imtijaz yang berlokasi di Jalan Banceu, Kota Bandung, Jawa Barat.

Masjid yang berada di pusat Ibu Kota Bandung itu berada dipinggir jalan raya, sepintas seperti klenteng. Namun itu merupakan masjid yang sengaja di desain bernuasa .

Masjid tersebut berdiri sejak tahun 2010, lahir atas keinginan Mantan Gubernur Jawa Barat terdahulu HR Nuriana, yang ingin memperkaya Masjid berbudaya di tanah Pasundan.

Disaat , Masjid tersebut ramai dikunjungi umat Muslim terutama yang hendak melaksanakan ibadah salat.

“Biasanya kalau itu ramai baik yang solat atau kegiatan tadarusan, dan juga istirahat sambil menunggu waktu berbuka puasa,”kata Pengurus Masjid Al Imtijaz, Rahmat Kamis, 23 Maret 2023.

Baca juga : Puluhan Jamaah Ikuti Shalat Tarawih Berjamaah Pertama di Masjid Nurul Huda

Masjid itu sendiri memang tidak dibuka 24 jam, namun saat ini dibuka hingga usai waktu salat subuh

“Biasanya itu dibuka pukul 11.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB, karena itu sampai pagi dibukanya usia sahur dan salat subuh,” kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, Masjid tersebut memang dibuat dengan nuansa , agar di Jawa Barat ini memiliki ciri khas yang unik.

Sementara itu, menurut salah seorang warga Deden yang berkunjung ke masjid Al Imtijaz itu mengaku baru pertama kalinya. Ia mengungkapkan seperti salat di kelenteng. Meksipun kata dia, merupakan masjid yang didesain seperti itu.

“Kaya di klenteng, ada lampion Daan juga lafaz Allah, adem ada halaman tempat duduk juga kalau ngabuburit cocok,” ungkapnya. (Cepi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here