Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorJaro Ade Apresiasi Semarak Festival Kuluwung di Sukamakmur

Jaro Ade Apresiasi Semarak Festival Kuluwung di Sukamakmur

Bogordaily.net – Politisi Partai Golkar, Ade Ruhandi alias mengapresiasi semaraknya Festival Kuluwung di Kecamatan , Kabupaten Bogor.

“Ini harus kita apresiasi sebagai bentuk silaturahmi halal bi halal. Budaya ini harus di support oleh pemerintah,” kata usai menyambangi festival kuluwung, Rabu 3 Mei 2023.

Dari pantauan Bogordaily.net, kemeriahan Festival Kuluwung tersebut diwarnai dengan suara dentuman yang kencang bagaikan bom secara berkali-kali.

Adu kuluwung tersebut diikuti oleh dua Desa di Kecamatan yakni, Desa Sukamulya dan juga Desa . Ribuan masyarakat turut menyaksikan hiburan rakyat di Kecamatan , Kabupaten Bogor.

Semarak kebahagian juga terlihat dari tawa lepas yang muncul berselingan dengan adu kuluwung atau meriam yang diluncurkan dari kayu randu. Festival kuluwung sendiri akan diselenggarakan mulai tanggal 3 April 2023 sampai dengan besok 4 April 2023.

Lebih lanjut, menyebut, festival kuluwung itu tidak hanya sebagai wadah silaturahmi antara Desa Sukamulya dan . Namun, kata dia, sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

“Yang jelas budaya ini menggerakan perekonomian karena, saya melihat pedagang-pedagang itu cukup luar biasa. Semoga para pedagang menikmati festival ini dan masyarakat sehingga ini bisa mengangkat perekonomian,” jelasnya.

Ia berharap, kelestarian pesta rakyat tersebut tak hanya sampai di tingkat nasional melainkan bisa terekspos hingga internasional.

“Saya harap kelestarian ini harus tetap terjaga. Semoga bisa sampai ke luar negeri itu harapan kita,” pungkasnya kepada Bogordaily.net. (Mutia Dheza Cantika) 

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here