Monday, 29 April 2024
HomeNasionalKenali 6 Penyebab Infertilitas pada Pria Menurut RS Murni Teguh Sudirman

Kenali 6 Penyebab Infertilitas pada Pria Menurut RS Murni Teguh Sudirman

Bogordaily.net – Mengetahui faktor penyebab atau ketidaksuburan pada pria perlu dilakukan sebagai upaya meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya adalah dengan melakukan konsultasi bersama dokter spesialis andrologi atau cek secara langsung di Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta.

Menurut Dokter Spesialis Andrologi Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta dr. Androniko Setiawan Sp. And mengatakan, pria merupakan gangguan yang menyebabkan pasangan sulit untuk mencapai kehamilan.

itu ketidakmampuan mencapai kehamilan setelah melakukan hubungan seksual, secara rutin kurang lebih 2-3 kali per minggu dan tanpa menggunakan kontrasepsi,” kata dr. Androniko Setiawan Sp. And.

Faktor Penyebab Pria

1. Pria Menderita Varikokel

Hal ini muncul karena ada pelebaran pada pembuluh darah testis yang mengakibatkan gangguan pada sperma.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan kualitas dan kuantitas sperma menurun sehingga, testis gagal berkembang atau menyusut bahkan mengalami kemandulan.

2. Gangguan Testosteron

Kondisi ini merupakan gangguan hormonal di mana kadar atau jumlah testoteron mengalami kenaikan atau penurunan. Biasanya kekurangan testoteron lebih sering terjadi daripada kelebihan testoteron.

3. Infeksi Seluruh Tubuh

Penyebab ketiga yaitu, infeksi seluruh tubuh terutama pada jaringan reproduksi. Dalam hal ini adalah, testisnya.

Organ reproduksi pria ini berfungsi untuk menghasilkan air mani atau sperma. Apabila terjadi infeksi maka, akan menghambat proses pembuahan.

4. Pola Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Pola gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol serta, menggunakan obat-obatan terlarang perlu diperhatikan agar, tidak terjadi dampak yang buruk bagi kesehatan.

Kebiasaan buruk tersebut, jika dilakukan secara terus-menerus dapat memicu pada pria bahkan yang lainnya.

5. Disfungsi Ereksi

Gejala yang paling umum pada disfungsi ereksi yakni, kesulitan mendapatkan ereksi selama aktivitas seksual.

Disfungsi ereksi sendiri merupakan gangguan seksual yang dapat mempengaruhi hubungan seksual dengan pasangan dan bisa menjadi salah satu tanda pada pria.

6. Kelainan Genetik

Terakhir yakni, kelainan genetik atau kelainan bawaan. Pada kelainan genetik, anak dapat mewarisi gen yang rusak dari salah satu maupun kedua orang tuanya.

Itu dia faktor penyebab munculnya pada pria versi dr. Androniko Setiawan Sp. And yang perlu diketahui.

Di samping itu, kata dia, untuk mengetahui kesuburan pada pria perlu dilakukan pemeriksaan analisis sperma agar mengetahui kualitas dari spermanya sendiri.

“Pemeriksaan sperma ini hanya kita ketahui jika kita lakukan secara labolatorium bukan hanya melihat kental maupun cair dan tidak bisa dilihat secara visual,” tandasnya kepada Bogordaily.net.

Buat Anda yang ingin melakukan pemeriksaan atau pengobatan terkait pada pria, silahkan percayakan ke Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta untuk mencegahnya.

Alamat Lengkap dan Kontak

Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta terletak di pusat ibu kota yakni berada di kawasan Sahid City, Jalan Jendral Sudirman No.86, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca juga : Cara Efektif Cerahkan Gigi, yuk Bleaching di RS Murni Teguh Sudirman

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi nomor telepon 02157853911 atau 02157853922.

Rumah Sakit ini juga menyediakan informasi di platform WhatsApp dengan nomor 0811-158-9911. Anda bisa menghubungi nomor tersebut sebagai alternatif lain.

Kemudian, untuk mengetahui informasi lainnya, Anda bisa langsung cek media sosial Instagram @murniteguhsudirmanjakarta. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here