Tuesday, 7 May 2024
HomeNasionalRapor Pendidikan Versi Terbaru Dirilis Kemendikbudristek, Seperti Apa?

Rapor Pendidikan Versi Terbaru Dirilis Kemendikbudristek, Seperti Apa?

Bogordaily.net baru dirilis Kemendikbudristek. versi 2.0 diluncurkan secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi .

merupakan kebijakan yang diluncurkan pada Merdeka Belajar Episode ke-19. Kehadirannya untuk mendukung satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan program berbasis data.

“Dengan platform ini, satuan pendidikan dapat memanfaatkan hasil Asesmen Nasional sebagai bahan refleksi untuk membenahi aspek-aspek seperti kompetensi literasi dan numerasi, karakter profil Pelajar Pancasila, dan keamanan lingkungan belajar dari kekerasan,” ujar Nadiem dalam acara Perilisan Versi 2.0 dilansir dari laman resmi Kemdikbud.

Pada versi 2.0, akses platform ini pun diperluas ke pendidik. Sehingga hal ini memungkinkan gotong royong antara kepala satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, dan operator.

Menurut Nadiem, perluasan akses ini berarti tidak hanya di tangan kepala satuan pendidikan, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh warga satuan pendidikan.

“Kini kepala satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, dan operator sekolah dapat mengambil peran dalam memahami kondisi satuan pendidikan masing-masing dan menentukan prioritas pembenahan bersama,” jelasnya.

Sejak dirilis pada tahun 2022, platform tersebut telah membantu lebih dari 284 ribu satuan pendidikan melakukan refleksi dan pembenahan, serta melakukan perencanaan berbasis data.

Nadiem berharap masyarakat dapat mendorong setiap satuan pendidikan untuk memanfaatkan platform tersebut. Dengan demikian, pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia dapat segera terwujud.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya kini dapat menggunakan data Asesmen Nasional di platform untuk terus meningkatkan layanan pendidikan berkualitas yang merata,” ujar Mendikbudristek.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here