Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorDisdukcapil Kota Bogor Gelar Family Fast, Buka Layanan di Mall

Disdukcapil Kota Bogor Gelar Family Fast, Buka Layanan di Mall

Bogordaily.net–  menggelar Family Fast 2023 seri 2. Gebyar jemput bola pelayanan dokumen administrasi kependudukan digelar di Boxies 123 Mall, Jalan Raya Tajur No.123, Bogor Timur.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) Teguh Setyabudi hadir dalam kegiatan tersebut. Ia mengimbau kepada pemerintah paerah untuk jemput bola. Terutama dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat terutama kelompok rentan.

“Kami menghimbau kepada jajaran pemda untuk melakukan pelayanan jemput bola. Seperti di mall, sekolah, dan kampus,” kata Teguh dalam acara Dukcapil Family Fest 2023 seri ke-2, Sabtu, 10 Juni 2023.

Dengan adanya pelayanan jemput bola ini diharapkan menyasar kepada kelompok rentan, misalnya lansia, disabilitas dan lainnya.

Di tahun politik menjelang Pemilu tahun 2024 ini, ia berharap agar pemda-pemda lebih masif dalam kegiatan melayani  kependudukan masyarakat

Untuk Kota Bogor sendiri, Dukcapil Kemendagri menargetkan perekaman identitas penduduk sebesar 99,4 persen.

“Apalagi menjalang tahun politik 2024. Perekaman yang lebih kita masif kan walaupun kota Bogor persentase perekaman sudah mencapai 99,20 persen. Artinya target perekaman tinggal sedikit lagi. Pasalnya target kita 99,4 persen,” jelasnya.

Melihat gelaran Disdukcapil Family Fest yang digelar di Boxies 123 Mall, ia menilai masyarakat sangat antusias. Terutama dalam melakukan perekaman KTP maupun dokumen administrasi lainnya.

“Di sini juga Masyarakat juga bisa mencetak akte kelahiran, KK, KIA. Jadi 3 in 1,” jelasnya.

Baca Juga: Permudah Pelayanan KTP untuk Pelajar, Disdukcapil Kota Bogor Goes To School

Mengenai KTP digital, pihaknya kini tengah masif mensosialisasikan agar masyarakat dapat segera mengaktivasi KTP Digitalnya.

Sebab dengan KTP Digital akan mempermudah masyarakat dalam pelaksanaan transaksi layanan publik serta menghindari terjadi pemalsuan data.

“Ini memang tidak akan seketika mengganti KTP fisik. Walaupun masyarakat yang menggunakan handphone sangat banyak, tapi ada saja yang tidak punya handphone. Ke depannya, nanti pelayanan publik bisa dilakukan melalui id digital,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bogor, Ganjar Gunawan mengajak masyarakat agar memanfaatkan momen. Masyarakat bisa mengurus kependudukan sambil berlibur.

“Sebenarnya kami dari sisi dinas setiap hari kerja kita melayani masyarakat untuk pengurusan dokumen administrasi dari pagi sampai sore. Sampai kita buka layanan di pada Sabtu dengan servis on Saturday,” ungkap Ganjar.

Menurutnya, pada hari Sabtu pelayanan di Kantor tidak seramai pada hari kerja Senin hingga Jum'at. jika tidak sempat datang di hari kerja.

“Disdukcapil family fast 2023 ini adalah inovasi kami untuk lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Ganjar menambahkan, terkadang masyarakat yang datang tidak hanya mengurus KTP dan KK saja.

“Acara sebelumnya, bisa mencapai 4.000 dokumen administrasi yang kita cetak seperti KTP, KK, dan akte kelahiran. Layanan semua ini gratis tidak di pungut biaya,” ungkapnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here