Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorDLH Kota Bogor Gerak Cepat Angkut Sampah di TPS Babakan Pasar

DLH Kota Bogor Gerak Cepat Angkut Sampah di TPS Babakan Pasar

Bogordaily.net – Pasca di media sosial, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bergerak cepat menangani penumpukan sampah di Jalan Roda, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah .

Ditemui di lokasi, Kepala Bidang Persampahan DLH , Asep Faisal Rahman menjelaskan, bahwasanya penumpukan sampah yang terjadi di TPS tersebut diduga berasal dari luar 8 RW.

Baca Juga: Relawan Majelis Taklim Al Muhaimin se-Kabupaten Bogor Deklarasikan Cak Imin Capres 2024

Informasi ini ia peroleh setelah mendengarkan penjelasan Ketua RW setempat.

“Jadi TPS di jalan Roda Kelurahan Babakan Pasar ini diperuntukkan untuk warga dari 9 RW, Babakan Pasar. Kendalanya adalah pada saat malam hari hingga subuh banyak sampah-sampah dari luar (bukan warga Babakan Pasar) membuang sampah ke TPS sini tanpa seizin pengurus RW,” kata Asep, Selasa 27 Juni 2023.

Sehingga, menurutnya, sebelum sampah warga dari 9 RW Babakan Pasar masuk, TPS sudah dipenuhi oleh sampah-sampah dari warga luar yang membuang sampah dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

“Jadi, otomatis kapasitas TPS tidak menampung dengan jumlah sampah yang disiapkan. Baik itu TPS nya maupun armada pengangkutan nya. Ke depannya, langkah kami dari pihak DLH akan terus berkomunikasi dengan wilayah seperti Lurah, RT/RW, Sehingga kita bisa antisipasi sampah dalam hal pengangkutan menyesuaikan kondisi sampah yang berada di TPS.” ujar Asep.

Dilokasi yang sama, Sekretaris Kelurahan Babakan Pasar, R. Yudha membenarkan adanya penumpukan sampah tersebut karena adanya warga luar yang membuang sampah ke TPS di Jalan Roda tersebut.

Sehingga kedepannya pihaknya akan mengintensifkan pengawasan.

“Yang segera kami lakukan pertama membentuk kelompok pengawasan piket di masing-masing RW secara bergantian. Hal ini kami lakukan dalam upaya mencegah adanya sampah yang dikirim dari luar (bukan warga Babakan pasar),” kata Yudha.

Ia berharap, dengan adanya kelompok pengawasan piket tersebut akan dapat mengurangi penumpukan sampah di lokasi TPS dan lokasi – lokasi lainnya.

“Kedua, langkah kami mengedukasi dan sosialisasi ke masyarakat yang bekerjasama dengan DLH untuk memilah sampah organik dan non organik,” ucapnya.

Yudha juga tidak melarang warga untuk membuang sampah, namun dia harap warga luar yang bukan peruntukannya di TPS ini dapat membuang sampah yang telah disediakan oleh pihak DLH.

“Agar tidak ada lagi penumpukan sampah di TPS jalan Roda ini,” ungkapnya.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here