Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Perkuat Komitmen Menuju Kabupaten Bogor Bebas Stunting

Pemkab Perkuat Komitmen Menuju Kabupaten Bogor Bebas Stunting

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar rapat rembuk bebas bersama jajaran Perangkat Daerah (PD), yang berlangsung di Gedung Serbaguna I Setda, Cibinong, Selasa 4 Juli 2023.

Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri jajaran Pemerintah Kecamatan se- secara virtual.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa, kegiatan rembuk ini dilaksanakan untuk memastikan sinergi lintas sektor dan integrasi pelaksanaan intervensi antara perangkat daerah, serta penanggung jawab pelayanan, dengan sektor/lembaga non-pemerintah, masyarakat, juga pemerintah desa sebagai garda terdepan berhubungan erat dan langsung dengan masyarakat di lokasi fokus.

”Saya minta para camat dan kepala desa yang menjadi lokus intervensi stunting tahun 2023, agar menyelenggarakan rembuk stunting di tingkat desa,” kata Iwan Setiawan, Selasa 4 Juli 2023.

“Saya harap seluruh stakeholder dalam rembuk stunting ini dapat menjalankan komitmen untuk bersinergi demi terwujudnya Bogor Bebas Stunting dan tercapainya Karsa Bogor Sehat,” sambungnya

Penanganan Stunting di

Ia mengatakan bahwa, penanganan stunting di dikerjakan secara kolaborasi bersama 12 perangkat daerah (SKPD), mulai dari BPKAD, DPUPR, Dinkes, Distanhorbun, Diskanak, DKP, Dinsos dan lainnya.

Menurut Iwan, berbagai kegiatan telah dilakukan secara sinergi seperti pemeriksaan anemia pada remaja putri dan ibu hamil serta pengadaan alat Ukur Antropometri Kit, serta pemberdayaan masyarakat miskin berbasis komunitas nenuju mandiri, pengembangan spam regional antar desa dan Pembangunan tangki septik Individual, serta program ketahanan pangan bagi Masyarakat.

Baca juga : GSB Tatap Event Basket Nasional di Jogjakarta

“Ke empat program tersebut merupakan upaya penanganan stunting terintegrasi untuk mendukung penanganan kemiskinan dan masalah kesejahteraan sosial, sehingga dapat mendorong penurunan angka stunting di ,” jelasnya.

10 Desa Sasaran di

Sekedar informasi, penanganan dan penajaman sasaran stunting, Pemkab Bogor telah menetapkan lokus fokus intervensi stunting tahun 2023 di 10 desa/kelurahan yang tersebar di empat kecamatan.

Meliputi diantaranya, 1 kelurahan dan 2 desa di Kecamatan Bojonggede, 3 kelurahan di Kecamatan Cibinong, 2 desa di Kecamatan Cileungsi dan 2 desa di Kecamatan Gunung Putri.

Tidak hanya itu, percepatan penurunan angka stunting juga dilakukan melalui keikutsertaan Pemkab Bogor dalam inovasi pendanaan pembangunan melalui bantuan keuangan kompetitif yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Saat ini penilaian tahap II dan jika berhasil, diharapkan ini dapat menjadi peluang terwujudnya Percepatan Bogor Bebas Stunting (Gobest).

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan , dengan upaya tersebut, Pemkab Bogor pun berhasil menurunkan angka stunting tahun 2022 ke angka 4,78 persen dari tahun 2021 sebesar 9,98 persen, dengan target RPJMD 2019-2024 bisa berhasil mewujudkan zero stunting. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here