Tuesday, 30 April 2024
HomePolitikPesan Wapres Ma'ruf Amin Jelang Pemilu 2024

Pesan Wapres Ma’ruf Amin Jelang Pemilu 2024

Bogordaily.net – Ada beberapa pesan dari Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin jelang Pemilu dan 2024. Hal tersebut disampaikan Wapres saat memberikan kuliah umum kepada Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXV dan Program Pendidikan Singkat (PPSA) XXIV Tahun 2023, di Gedung Dwi Warna Lemhannas RI.

“Pemerintah Pusat dan Daerah, beserta TNI dan Polri menjadi elemen pendukung keberhasilan Pemilu dan serentak 2024,” ujar Wapres Ma'ruf Amin dikutip dari laman Setwapres, Rabu, 26 Juli 2023.

“Oleh sebab itu, saya harap para pemimpin di pusat dan daerah, maupun TNI dan Polri terus sigap dalam menjaga sinergi, keamanan, dan perdamaian, termasuk mewaspadai ancaman di media sosial yang berpotensi memecah-belah masyarakat,” sambungnya.

4 Pesan Ma'ruf Amin

Lebih jauh Ma'ruf Amin juga mengungkapkan empat pesan dalam arahannya. Pertama, situasi global yang terus berubah akan mempengaruhi situasi di dalam negeri.

Teknologi digital memicu disrupsi di banyak lini kehidupan, sekaligus menawarkan peluang untuk bertumbuh.

Wapres menilai situasi ini menuntut para pemimpin untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, cepat dan cermat, dalam menyikapi isu-isu global yang kian kompleks dan sulit diprediksi, kemudian merumuskan kebijakan yang mendatangkan maslahat maupun solusi.

“Di kawasan, Indonesia mencermati pengaruh rivalitas kekuatan dunia di Asia Pasifik. Melalui Keketuaan di ASEAN tahun 2023, Indonesia konsisten menyuarakan perdamaian, diplomasi preventif untuk mencegah konflik terbuka, serta upaya-upaya memperkuat kerja sama dan dialog,” jelasnya.

Kedua, Wapres meminta agar para peserta yang hadir pada hari ini kelak dapat menjadi pemimpin yang inklusif, memiliki wawasan kebangsaan, serta kemampuan untuk menjaga harmoni dalam kemajemukan. Jadikan keberagaman sebagai kekuatan melalui penerapan moderasi.

Baca juga : Puasa Tasua dan Asyura Kapan? Cek Jadwal Lengkap di Sini

“Oleh sebab itu, moderasi harus senantiasa dijunjung oleh para pemimpin. Narasi-narasi damai mesti selalu diutamakan, termasuk di media sosial,” pesannya.

Di sisi lain, Wapres juga mengingatkan bahwa melalui platform digital, pemimpin dapat menjangkau publik yang luas dan pemangku kepentingan yang beragam.

“Pemimpin menjadi teladan dalam membangun kepercayaan sosial, merekatkan simpul-simpul ukhuwah, dan memberantas ancaman perpecahan, termasuk akibat sebaran hoaks,” tuturnya.

Baca juga : Tak Lagi Gratis, Tahun 2024 Vaksin Covid-19 Akan Berbayar

Ketiga, Wapres mengimbau agar para pemimpin hendaknya mampu mengoptimalkan talenta dan kemampuan orang-orang yang dipimpinnya. Sebab, setiap individu dianugerahi kekuatan, pikiran dan bakat yang unik.

“Oleh sebab itu, setiap orang dapat menyumbang bagi kemajuan bangsa,” ucapnya.

Keempat, Wapres pun menegaskan agar seluruh pemimpin untuk terus memegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila yang telah disepakati sebagai ideologi bangsa. Serta, menerapkannya ke jajaran yang dipimpinnya.

“Mari kita contoh Bung Hatta yang mengajarkan bangsa Indonesia untuk memiliki prinsipnya sendiri, meski saat itu bangsa kita baru lahir,” tukasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here