Monday, 29 April 2024
HomeNasionalSiap-siap, 572.496 Loker CPNS Akan Dibuka September

Siap-siap, 572.496 Loker CPNS Akan Dibuka September

Bogordaily.net – Seleksi () 2023 siap dibuka secara resmi di bulan September 2023 mendatang.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebutkan, formasi tahun ini sebanyak 572.496, yang mana angka ini turun dari proyeksi 1,03 juta lowongan.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, sebanyak 572.496 terbagi untuk 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 dan pemerintah daerah 493.634 .

Selanjutnya, alokasi formasi CASN di September untuk pemerintah pusat sebanyak 28.903 untuk dan 49.959 untuk PPPK.

Di pemerintah daerah, bakal dibuka 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Baca juga : Tak Ada Zig-zag, Ini Rute Baru Ujian SIM Motor

Anas memastikan seleksi terbuka dan adil. Sehingga ke depannya akan tercipta pekerja yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Kita jamin semuanya fair, tidak bisa titip-menitip. Kita berharap bisa melahirkan kinerja berdampak yang dapat dirasakan masyarakat, sesuai arahan Presiden Joko Widodo,” tandasnya.

Apa itu CPNS?

CPNS adalah singkatan dari . CPNS adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk menggambarkan individu yang mengikuti seleksi penerimaan pegawai negeri sipil di instansi pemerintah, baik di tingkat pusat (instansi pemerintah pusat) maupun di tingkat daerah (instansi pemerintah daerah).

Proses seleksi CPNS dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk instansi pemerintah pusat dan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) di tingkat daerah. Seleksi CPNS biasanya melibatkan serangkaian tahapan, seperti tes tertulis, ujian kompetensi, wawancara, dan penilaian kesehatan.

Baca juga : Masih Ada Waktu, Ini Cara Ikut Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 58

Setelah lulus seleksi CPNS dan mengikuti pelatihan dasar, akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ditempatkan di instansi pemerintah yang membutuhkan.

PNS adalah pegawai yang bekerja untuk pemerintah dan mendapatkan gaji serta tunjangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penerimaan CPNS merupakan salah satu cara bagi pemerintah untuk memperoleh tenaga kerja yang berkualitas dan profesional untuk bekerja di berbagai bidang di sektor publik, seperti kesehatan, pendidikan, administrasi, dan lain-lain.

Penerimaan CPNS biasanya diumumkan secara terbuka dan terbuka untuk semua warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here