Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorPlt Bupati Bogor Raih Penghargaan Anubhawa Sasana Desa

Plt Bupati Bogor Raih Penghargaan Anubhawa Sasana Desa

Bogordaily.net – Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meraih penghargaan Anubhawa Sasana Desa / Kelurahan tahun 2023 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI).

Iwan Setiawan dinilai berhasil membina dan mengukuhkan desa-desa di Kabupaten sebagai Desa Sadar Hukum.

Adapun penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada acara Peresmian Desa / Kelurahan Sadar Hukum dan Pemberian Penghargaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Sabtu 2 September 2023.

, Iwan Setiawan mengungkapkan, alhamdulillah terima kasih atas penghargaan yang diberikan, penghargaan yang diterima ini membuktikan bahwa jika kita hidup di negara hukum, maka mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, hingga ke desa harus sadar hukum.

“Semoga desa-desa yang sudah meraih penghargaan sebagai Desa Sadar Hukum, masyarakatnya, aparat pemerintahannya, dan seluruh komponen yang ada dalam desa tersebut menjadi lebih paham dan tertib dengan aturan hukum yang berlaku,” kata Iwan Setiawan.

Iwan mengatakan, upaya untuk mensosialisasikan, meningkatkan pemahaman, dan membina kesadaran atas hukum di desa-desa dan kelurahan se-Kabupaten akan terus dilakukan. Dengan adanya kesadaran hukum yang tinggi, jalannya pemerintahan akan kondusif dan lancar.

Selanjutnya, Kepala Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja, Dasuki menuturkan, dirinya sangat bangga dan bersyukur karena upaya yang dilakukan selama ini untuk mengedukasi masyarakat agar kesadaran hukumnya meningkat, dinilai berhasil dan mendapat penghargaan.

“Saya melaksanakan secara rutin sosialisasi dan edukasi soal hukum di beberapa kesempatan, misalnya pada saat pengajian ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak muda, tujuannya untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang hukum,” ujar Dasuki.

Dasuki menambahkan, semenjak kegiatan edukasi tersebut dilakukan secara berkelanjutan, angka persoalan atau permasalahan yang berkaitan dengan hukum jauh merosot. Harapannya mudah-mudahan kedepan Desa Cilebut Barat lebih baik, masyarakatnya lebih sadar hukum.

Sementara itu Camat Sukaraja, Ria Marlisa mengucapkan, alhamdulillah beberapa desa di Kecamatan Sukaraja desa-desa di kecamatan lainnya hari ini meraih penghargaan sebagai Desa Sadar Hukum tahun 2023.

“Ini semua berkat pembinaan yang dilakukan oleh , Iwan Setiawan melalui bantuan hukum di Sekretariat Daerah Kabupaten , mewujudkan desa-desa agar lebih taat terhadap hukum,” ungkap Ria Marlisa.

Ia berharap, dengan adanya penghargaan Desa Sadar Hukum, desa-desa bisa menjadi lebih tertib dalam pelaksanaan kegiatan, pengadministrasian, dan keuangan di masing-masing desa.

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut, 10 desa dan 5 kecamatan di Kabupaten juga mendapatkan penghargaan Desa Sadar Hukum tahun 2023 dari Gubernur Jawa Barat, diantaranya Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja, Desa Caringin Kecamatan Caringin.

Kemudian Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin, Desa Pasir Muncang Kecamatan Caringin, Desa Cigombong Kecamatan Cigombong, Desa Ciburayut Kecamatan Cigombong, Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk, Desa Cijeruk Kecamatan Cijeruk, Desa Cijujung Kecamatan Sukaraja, dan Desa Sukamahi Kecamatan Megamendung.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here