Wednesday, 8 May 2024
HomeNasionalAlami Penurunan, Segini Harga Pertamax Series dan Dex Series

Alami Penurunan, Segini Harga Pertamax Series dan Dex Series

Bogordaily.net – Pertamina Patra Niaga telah mengumumkan penyesuaian penurunan harga untuk serangkaian produk bahan bakar minyak () non-subsidi, termasuk dan , yang mulai berlaku pada tanggal 1 November 2023.

Tindakan ini adalah bagian dari komitmen PT Pertamina Patra, Subholding Commercial & Trading Pertamina, dalam mengevaluasi harga jual produk non-subsidi.

Berikut adalah penyesuaian harga yang diterapkan untuk produk Pertamax Series dan :

Baca juga : Hasil BRI Liga 1 Madura United vs Persib Bandung: Skor 0-1

  • Pertamax (RON 92) turun menjadi Rp13.400 per liter, dari sebelumnya Rp14.000.
  • Pertamax Green 95 (RON 95) turun menjadi Rp15.000 per liter, dari sebelumnya Rp16.000 per liter.
  • Pertamax Turbo (RON 98) turun menjadi Rp15.500 per liter dari sebelumnya Rp16.600.
  • Dexlite (CN 51), produk jenis gasoil (diesel), disesuaikan menjadi Rp16.950 per liter dari sebelumnya Rp17.200.
  • Pertamina Dex (CN 53) turun menjadi Rp17.750 per liter dari sebelumnya Rp17.900.

Harga-harga baru ini berlaku untuk provinsi yang dikenakan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%, seperti di wilayah DKI Jakarta.

Penetapan Harga

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan bahwa harga baru ini sesuai dengan penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU) atau non-subsidi.

Harga non-subsidi bersifat fluktuatif, dan Pertamina secara berkala melakukan evaluasi untuk mengikuti tren dan mekanisme pasar, termasuk harga minyak dunia dan harga rata-rata publikasi minyak.

Baca juga : Simulasi Pilpres 2024 Bogordaily di Pasar TU Bogor: Prabowo Menang

Tujuan dari penyesuaian ini adalah untuk mempertimbangkan berbagai aspek, seperti minyak mentah, publikasi MOPS, dan kurs, agar Pertamina dapat menjaga penyediaan dan penyaluran ke seluruh wilayah Indonesia.

Irto Ginting menekankan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif di seluruh wilayah Indonesia, baik di kota-kota besar maupun ke pelosok negeri.

“Pertamina Patra Niaga berkomitmen menyediakan pasokan produk berkualitas diseluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar namun ke seluruh pelosok negeri, dengan harga yang kompetitif,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here