Saturday, 24 February 2024
HomeNasionalApa Penyebab Gagal Ginjal? Ini Penjelasan Dokter RS Murni Teguh Sudirman Jakarta

Apa Penyebab Gagal Ginjal? Ini Penjelasan Dokter RS Murni Teguh Sudirman Jakarta

Bogordaily.net Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta mengedepankan kesadaran akan penyebab utama gagal ginjal dalam masyarakat.

Sebagaimana disampaikan dokter spesialis penyakit dalam dr. Hardi Yanis, Sp.PD, KGH, FINASIM. Menurutnya, faktor paling dominan munculnya gagal ginjal adalah hipertensi dan diabetes yang merajalela di Indonesia dan negara-negara ASEAN pada umumnya.

“Kedua penyakit ini menjadi sorotan utama yang memicu timbulnya masalah gagal ginjal,” ujar dr. Hardi Yanis sebagaimana diunggah di Instagram @rsmurniteguhsudirmanjakarta, Jumat 24 November 2023.

Kendati demikian, kata dr. Hardi Yanis gejala gagal ginjal bervariasi, mulai dari rasa mual, perut kembung yang mirip dengan gejala sakit maag, hingga sesak napas dan indikator lainnya.

Baca Juga: RS Murni Teguh Sudirman Jakarta Buka Layanan Cath Lab

Bahkan, terdapat kasus yang mana seseorang tidak menampakkan gejala apa pun, sedangkan ginjalnya sudah mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, penting untuk menjalani pemeriksaan secara berkala guna mendeteksi kondisi tersebut atau mengetahui penyebab gagal ginjal.

“Dalam kondisi tertentu, seseorang mungkin tidak menyadari bahwa ginjalnya telah mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pemeriksaan secara berkala menjadi sangat penting,” tambah dr. Hardi Yanis.

Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta siap menjadi mitra dalam menjaga kesehatan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut atau ingin menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala, Anda dapat menghubungi melalui nomor WhatsApp 0811-1589-911 atau email [email protected].(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here