Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaBantuan Kemanusiaan untuk Gaza Akan Dikirim Pekan Ini

Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Akan Dikirim Pekan Ini

Bogordaily.net – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, telah mengumumkan bahwa bantuan kemanusiaan untuk masyarakat di Jalur telah berhasil terkumpul dan rencananya akan dikirim akhir pekan ini.

Presiden telah memberikan arahan untuk segera mengirim bantuan ini, dengan upaya memastikan bantuan sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Bapak Presiden sudah memberikan arahan bahwa bantuan kemanusiaan yang sudah kita mulai garap minggu ini, akan dikirim pada akhir minggu ini,” ujar Retno dalam konferensi pers, Rabu, 1 November 2023.

Baca juga : Hasil BRI Liga 1 Madura United vs Persib Bandung: Skor 0-1

Menurut Retno, bantuan kemanusiaan tersebut disusun berdasarkan permintaan langsung dari Menlu , yang ia komunikasikan dengan mereka secara langsung.

“Barang-barang ini yang kita kirim adalah sudah sesuai dengan permintaan atau kebutuhan mereka. Jadi minggu lalu kita melakukan komunikasi dengan mereka di New York pun saya melakukan komunikasi langsung dengan Menlu ,” terangnya.

Bantuan tersebut tidak hanya berasal dari pemerintah, tetapi juga dari lembaga kemanusiaan di Indonesia, menunjukkan rasa solidaritas kemanusiaan dengan saudara-saudara di .

“Saya sampaikan terima kasih banyak kepada lembaga-lembaga kemanusiaan Indonesia yang sudah berkenan bergabung menunjukkan rasa solidaritas kemanusiaan dengan saudara-saudara kita,” tukasnya.

Evakuasi WNI di

Dalam perkembangan terkait evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di , Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa proses evakuasi mungkin tidak dapat dilakukan sekaligus, melainkan akan dilakukan secara bertahap.

“Sejak dini hari, kita terus lakukan kontak di lapangan untuk mencoba melakukan evakuasi. Tentunya informasi ini kita sampaikan setelah kita lakukan kontak dengan banyak sekali pihak,” ungkap Retno kepada wartawan.

Keselamatan merupakan prioritas utama dalam proses evakuasi, dan situasi di Jalur dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga kata “kemungkinan” tetap diutamakan.

Baca juga : Simulasi Pilpres 2024 Bogordaily di Pasar TU Bogor: Prabowo Menang

“(Evakuasi) kemungkinan besar tidak akan dapat dilakukan sekaligus tapi dilakukan bertahap dan dengan mengutamakan keselamatan. Sekali lagi dengan mengutamakan keselamatan,” sambungnya.

Pemerintah Indonesia terus berupaya dalam kesiapan dan solidaritas dengan , dengan mengumpulkan bantuan kemanusiaan yang sesuai dengan kebutuhan dan merencanakan evakuasi WNI dengan penuh pertimbangan atas keselamatan mereka.

“Kemungkinan evakuasi akan dapat dilakukan hari ini. Saya ingin garis bawahi kata kemungkinan. Karena situasi tidak pernah kita dapat duga,” ucapnya.

Semua tindakan ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam mendukung saudara-saudara kita di .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here