Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaBantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Bogordaily.net – Dua pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang membawa bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk rakyat telah tiba di Bandara El Arish, Mesir, pada hari Senin, 6 November 2023 waktu setempat.

Pengiriman ini dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia (Wamenlu), Pahala Mansury, yang diutus oleh Presiden Joko Widodo untuk mewakili pemerintah Indonesia.

“Selanjutnya, bantuan kemanusiaan ini akan dikelola pengirimannya sampai ke oleh Palang Merah Internasional Mesir. Dengan melalui proses seremonial penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Wamenlu RI kepada perwakilan Egyptian Red Crescent, Ahmed Aly,” ujar Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio dalam keterangan tertulis yang diterima pada Selasa, 7 November 2023.

Baca juga : Selebgram Pendukung Palestina Ditawari Jadi Buzzer Israel, Dibayar Rp77 Juta

Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia ini disambut di Bandara El Arish, Mesir, oleh berbagai pihak, termasuk Dubes RI LBBP Y.M. Lutfi Rauf, Athan RI Cairo Kolonel Kav Aria S. Saleh, Korfung Politik Dian Ratri, staf KBRI, staf Kantor Athan RI, dan perwakilan dari Egyptian Red Crescent/Bulan Sabit Merah Mesir.

Sebelumnya, pada Sabtu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), memimpin pelepasan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk rakyat di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma.

Jokowi menjelaskan bahwa ini adalah bantuan tahap pertama, dengan menggunakan 3 pesawat yang mengangkut sekitar 51,5 ton bantuan yang terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza.

Baca juga : 4 Jam Dipersiksa, G-Dragon BIGBANG Negatif Narkoba

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusian,” kata Jokowi.

Bantuan-bantuan yang dikumpulkan yakni diantaranya dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), Palang Merah Indonesia (PMI), Kitabisa, beserta pemerintah, TNI, dan Polri.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa ,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here