Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorDPRD Setujui Raperda Penyelenggaraan Pesantren Jadi Perda di Kabupaten Bogor  

DPRD Setujui Raperda Penyelenggaraan Pesantren Jadi Perda di Kabupaten Bogor  

Bogordaily.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Pesantren dan selanjutnya akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Dalam persetujuan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ini dilaksanakan pada Rapat Paripurna, di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Cibinong, Selasa 7 November 2023.

Ketua , Rudy Susmanto mengatakan, Perda ini merupakan bentuk penghargaan kepada pondok pesantren dan para santri serta komitmen DPRD dan Pemkab Bogor dalam memajukan pendidikan Islam.

Menurut Rudy, saat ini di Kabupaten Bogor sendiri ada lebih dari 1.600 pondok pesantren. Ia menyebut pesantren memiliki peran penting bagi kemajuan bangsa.

“Dengan perda ini, Pemkab Bogor nantinya akan memiliki payung hukum untuk lebih meningkatkan fasilitasi terhadap lembaga pendidikan pesantren,” kata Rudy Susmanto.

“Dengan begitu, diharapkan ada peningkatan kualitas pondok pesantren, baik dari sisi penyelenggaraan maupun sarana dan prasarana,” tambahnya.

Selanjutnya, Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, saat ini di Kabupaten Bogor terdapat ribuan Pondok Pesantren yang telah melahirkan generasi islami di berbagai bidang.

Di era globalisasi dan disrupsi, Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, selain berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa juga menjadi benteng terakhir pertahanan moralitas generasi muda di era global.

“Semoga dengan disetujuinya Raperda tentang Penyelenggaraan Pesantren, yang mengatur terkait fasilitasi, komunikasi, kemitraan, data informasi, partisipasi masyarakat dan dunia usaha, pembinaan dan pendanaan, diharapkan dapat mendukung Pesantren di Kabupaten Bogor,” ujar Iwan Setiawan.

Ia menambahkan, harapannya Pesantren di Kabupaten Bogor agar semakin maju dan berkembang sesuai tradisi dan kekhasannya yang bercirikan nilai-nilai Islam rahmatan lil'alamin sehingga akan meningkatkan kontribusinya pada terwujudnya Karsa Bogor Cerdas dan Karsa Bogor Berkeadaban.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here