Thursday, 2 May 2024
HomePolitikIwan Setiawan Siap Kembali Jadi Bupati Bogor di 2024

Iwan Setiawan Siap Kembali Jadi Bupati Bogor di 2024

Bogordaily.net – Jabatan Bupati Bogor ke-13, H Iwan Setiawan, SE, akan segera berakhir. Masih tersisa kurang lebih satu bulan ke depan bagi Iwan menyelesaikan kepemimpinannya membangun Kabupaten Bogor sejak ia dilantik sebagai pada tanggal 2 September 2023 dan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sejak 28 April 2022.

Jelang berakhir masa jabatannya, Iwan nampak tetap enjoy. yang mulus tak pernah terjerat kasus korupsi ini mengaku tak merasa terbebani melepas jabatannya.

“Hari ini, besok, sudah biasa. Saya sudah siap. Kekuasaan itu bukan segalanya. Ini yang membuat saya nyaman, santai,” ucapnya.

Lantas setelah tak lagi menjabat , apa yang akan dilakukan Iwan Setiawan?

Apakah Iwan Setiawan akan ikut bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih Bupati dan Wakil pada 27 November 2024 mendatang?

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan, Iwan Setiawan selalu menyatakan siap maju menjadi calon jika ditugaskan oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) besutan Prabowo Subianto ini.

Sinyalemen tersebut kembali dikemukakannya pada Rabu, 15 November 2023, di sela acara Coffee Morning bersama sejumlah Pemimpin Redaksi media cetak dan online lokal Bogor di Pesona Alam, Cisarua.

“Prabowo Calon Presiden, saya Calon 2024,” seloroh Iwan Setiawan yang saat ini juga sebagai Ketua DPD Gerindra Kabupaten Bogor.

Dari sisi kapasitas, Iwan memiliki rekam jejak mumpuni dan layak untuk menjadi seorang Kepala Daerah.

Karir politiknya dimulai sejak terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bogor periode 2009–2014, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor (2014–2018), Wakil (2018–2022), Plt. (2022-2023), dan (2022-2023).

H Iwan Setiawan yang lahir pada 2 Desember 1970 ini bahkan kini tengah memajukan putrinya Nurunisa Setiawan sebagai Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Bogor.

Di waktu senggangnya, almamater Universitas Pakuan Bogor beristrikan Halimatu Sadiah ini memiliki hobi motocross dan piawai bermain musik.

Kendati terbilang singkat menjadi Wakil Bupati, Plt. Bupati, dan Bupati Bogor, kiprah Iwan terbilang produktif dan telah menyiapkan banyak fondasi selama memimpin untuk dilanjutkan pemimpin berikutnya di Kabupaten Bogor.

Sebut saja antara lain melahirkan kebijakan asuransi bagi para petani, jaminan sosial BPJS bagi Ketua RT, RW, perangkat desa, dan Kepala Desa, menggencarkan kegiatan Bogor Keliling (Boling), melahirkan Perda dan Perbup, pengurangan dan relaksasi PBB bagi masyarakat dan kalangan dunia usaha, mereposisi jabatan di semua tingkatan PNS sesuai kebutuhan, menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan semua kalangan, hingga mampu membawa APBD Kabupaten Bogor tembus dua digit sebesar Rp10 triliun.

“Alhamdulillah target dan banyak progress tercapai yang bisa membuat bangga bagi Kabupaten Bogor. Termasuk soal program kebanggaan Samisade, yang penting kontrol buat semuanya. Sampaikan informasi apa adanya, tidak dibuat-buat, sampaikan hasil pembangunan, kami tidak antikritik,” katanya.

Sepak terjang dan prestasi Iwan Setiawan membawa peluang besar baginya untuk kembali terpilih sebagai Bupati Bogor pada 2024 mendatang. Sebagai parameter awal, survei Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) yang digelar pada1-8 April 2023, menunjukkan bahwa Iwan meraih 12,75 persen. Ia berada di posisi kedua setelah Ade Ruhandi alias Jaro Ade.

Didukung Fadli Zon

Politisi kawakan sekaligus pendiri Partai Gerindra, Fadli Zon, menyatakan merekomendasikan Iwan Setiawan untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024 mendatang.

Fadli Zon mengaku, Iwan Setiawan lebih cocok untuk menjadi calon Bupati Bogor 2024 karena sepak terjangnya telah terbukti baik sebagai eksekutif maupun legislatif menjadi Wakil Ketua DPRD maupun Wakil Bupati dan Bupati Bogor.***

(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here