Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorProgram SKCK Goes To School Kapolresta Bogor Ajak Siswa Gotong-royong Bersihkan Puing...

Program SKCK Goes To School Kapolresta Bogor Ajak Siswa Gotong-royong Bersihkan Puing Longsor

Bogordaily.net Kapolresta Bogor Kota terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pendidikan serta membina kedisiplinan dan keterampilan bagi siswa SMA dan SMK melalui program SKCK Goes To School.

Dalam angkatan kelima ini, program yang telah mampu melibatkan kurang lebih 300 siswa dari berbagai sekolah tersebut menunjukkan hasil positif dalam membangun kesadaran sosial dan kepedulian terhadap masyarakat.

Polresta Bogor Kota melakukan program SKCK Goes To School untuk menunjukkan hasil positif dalam membangun kesadaran sosial dan kepedulian terhadap masyarakat. (Isitimewa/bogordaily.net)

Kegiatan yang dilaksanakan setiap Sabtu dan dipimpin oleh Kasat Intelkam Polresta Bogor Kota telah menarik perhatian pihak sekolah, tokoh masyarakat, serta instansi pemerintahan.

Kolaborasi yang terjalin dengan dinas BPBD, DLH, dan UMKM semakin memperkuat peran serta program ini dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Kasat Intelkam Polresta Bogor Kota Kompol Rezky Kurniawan mengungkapkan bahwa program kali ini bekerja sama dengan BPBD Kota Bogor serta melibatkan 34 siswa dari dua sekolah, yakni SMA 7 dan SMK Tri Darma 1.

“Fokus utama kegiatan ini adalah membantu membersihkan puing-puing pasca bencana longsor di Kampung Pabuaran Poncol RT.005/RW.008, Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat,” kata Kompol Rezky, Sabtu 18 November 2023.

Soryancus Tambunan, Waka Kesiswaan SMK Tri Darma 1, memberikan apresiasi tinggi terhadap program ini.

“Saya berharap bahwa program ini dapat membantu membentuk sifat kedisiplinan dan jiwa gotong royong bagi siswanya yang sebagian besar belum memiliki tanggung jawab dan kurang gesit.” ucapnya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Kodir Sukarya, Staff Kesiswaan SMA 7, yang telah mengirimkan siswanya untuk ikut serta dalam program ini sebanyak dua kali.

Menurutnya bahwa program ini tidak hanya memberikan pembinaan mental dan keterampilan.

“Tetapi juga memberikan dampak yang luar biasa baik terhadap siswa maupun orang tua mereka,” ujarnya.

Sementara Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bogor, Jarwo, menyambut baik kolaborasi ini sebagai upaya bersama dalam menanggulangi dampak bencana yang melanda Kota Bogor akhir Oktober lalu.

Iwan Setiawan, Ketua RW 008, juga memberikan apresiasi tinggi terhadap program SKCK Goes To School.

Menurutnya, melibatkan siswa dalam membantu membenahi wilayah pasca bencana bukan hanya membantu masyarakat.

“Tetapi juga bisa menjadi inspirasi bagi warga lainnya untuk turut serta dalam kegiatan positif serupa,” katanya.

Dengan kolaborasi yang erat antara Polresta Bogor Kota, sekolah-sekolah, dan berbagai pihak terkait, program SKCK Goes To School terus menjunjung tinggi nilai pendidikan, kepedulian sosial, dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta masyarakat.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here