Wednesday, 15 May 2024
HomeNasionalRS Murni Teguh Sediakan Layanan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik

RS Murni Teguh Sediakan Layanan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik

Bogordaily.net – RS Murni Teguh Ciledug kini telah menyediakan layanan spesialis Bedah Plastik Rekontruksi dan Estetik.

Bertambahnya layanan spesialisasi tersebut membuat RS Murni Teguh Ciledug kini mempunyai 22 variasi layanan spesialis.

Hal ini ditandai dengan bergabungnya Dokter Benny Muliawan, Sp.BP-RE sebagai dokter spesialis Rekonstruksi dan Estetik dengan RS Murni Teguh Ciledug.

Dijumpai dalam sesi praktiknya, dr. Benny Muliawan memberikan penjelasan tentang yang sering kurang tepat dimengerti oleh sebagian orang.

“Sebagian besar orang beranggapan bahwa itu hanya mengerjakan operasi estetik saja, tapi sebenarnya juga banyak mengerjakan kasus-kasus rekonstruksi” sebut dr. Benny ditemui di ruang praktiknya di RS Murni Teguh Ciledug, Selasa (14/11).

“Sebenarnya itu terdiri dari 2 prinsip utama, yakni rekonstruksi dan estetik, dan keduanya saling terkait satu sama lain dalam penanganannya,” jelas dr. Benny.

Rekonstruksi bisa diartikan sebagai proses untuk memperbaiki sesuatu yang tadinya tidak atau kurang baik menjadi baik dan mendekati bentuk alaminya

“Sedangkan estetik itu sifatnya menjadikan sesuatu yang normal menjadi lebih baik lagi, dan tentunya tidak boleh melanggar kaidah-kaidah norma hidup. Oleh karenanya dalam tindakan rekonstruksi ada unsur estetiknya, dan dalam tindakan estetik ada unsur rekonstruksinya” jelas dr. Benny.

Dokter Benny kemudian mencotohkan kasus yang terkait dengan tindakan rekontruksi yang dilakukan oleh dokter , salah satunya adalah luka kronis akibat diabetes.

”Pada penderita diabetes, apabila seorang pasien mengalami luka kronis pada kakinya, seorang dokter bisa membantu dalam penanganan luka tersebut,” jelasnya.

“Tidak hanya dengan operasi, namun bisa dilakukan dengan gabungan metode lain yang bersifat non-operasi. Seperti misalnya merawat luka tersebut dengan ditambah metode perawatan luka dengan balutan moderen seperti penggunaan NPWT (Negative Pressure Wound Therapy) ,” tambah dr.Benny.

Dokter Benny juga menekankan bahwa spesialis Rekonstruksi dan Estetik pada dasarnya bekerja saling membahu dengan spesialis-spesialis lainnya.

Ia mengambil contoh tentang kanker kulit yang dimana penanganannya bisa dilakukan oleh dokter spesialis Bedah Onkologi dan untuk penyelesaiannya bisa dilakukan oleh dokter spesialis atau Subspesialis Mikro & Onkoplasti untuk kasus-kasus yang lebih rumit.

“Misalnya pada kasus kanker kulit, dimana dokter bedah Onkologi akan melakukan operasi pembuangan kanker. Kemudian dokter bedah Plastik dapat melakukan penutupan luka pasca operasinya. Metodenya bisa dari cangkok kulit hingga flap, misalnya dengan dengan menggunakan flap lokal pada area sekitar luka hingga flap bebas yang diambil daging dari paha untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada luka tersebut,” jelas dr.Benny.

” Flap itu, secara awam, semacam tindakan yang mengambil dan memindahkan suatu jaringan daging di daerah tertentu, untuk dipindahkan untuk menutup daerah yang terbuka, baik di daerah dekat luka maupun daerah yang jauh dari luka yang menyertai pembuluh darahnya. Berbeda dengan cangkok kulit yang murni hanya jaringan kulit,” tambahnya

Dengan banyaknya variasi kasus bedah plastik yang ada di masyarakat, Dokter Benny pun kemudian mengajak masyarakat untuk tidak perlu ragu berkonsultasi dengan dokter spesialis Bedah plastik apabila memiliki pertanyaan seputar rekonstruksi dan estetik seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Dokter Benny Muliawan, Sp,BP-RE berpraktik di RS Murni Teguh Ciledug setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu dari jam 08:00 sampai 14:00.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here