Saturday, 2 March 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Wisudakan 210 Ibu di AKHI 2023

Pemkab Bogor Wisudakan 210 Ibu di AKHI 2023

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar Wisuda (AKHI) tahun 2023, di Gedung Serbaguna 1 Setda, Kabupaten Bogor, Kamis 7 Desember 2023.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada para ibu yang telah sukses melaksanakan pencegahan melalui 1.000 hari pertama kehidupan.

210 Diwisuda

Sebanyak 210 ibu yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Bogor yang telah sukses dan berhasil melaksanakan pencegahan melalui 1.000 hari pertama kehidupan.

Para ibu diwisuda dan diberikan piagam penghargaan atas pencapaian yang telah diraih terutama optimalisasi dalam mencegah di Kabupaten Bogor.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bogor, Zaenal Ashari menyampaian terimakasih, kepada para wisudawan yang telah melaksanakan pencegahan melalui 1.000 hari pertama kehidupan.

Melalui Wisuda (AKHI) tahun 2023 bisa memiliki komitmen dan keterampilan pengasuhan baik dalam memenuhi kebutuhan gizi kesehatan anak, memberikan kasih sayang dan stimulasi pertumbuhan serta perkembangan anak, serta dapat mencegah sehingga anak dapat mencapai pertumbuhan yang optimal.

Baca juga : Sejarah dan Asal Usul Kapal Pinisi yang Jadi Google Doodle

“Saya juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada DP3AP2KB dan Fakultas Ekologi IPB yang telah konsisten mendampingi program Akademi Keluarga Hebat Indonesia dari tahun 2018 sampai tahun 2023, tentunya dalam menumbuhkan keluarga yang sehat, kuat dan sejahtera di Kabupaten Bogor,” kata Zaenal Ashari, Kamis 7 Desember 2023.

Menurutnya, keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat perlu dibina dan dikembangkan kualitasnya melalui program pemberdayaan dan pembangunan ketahanan keluarga yang berkesinambungan.

Tentunya agar keluarga sejahtera dan menjadi sumber daya manusia yang produktif. adalah isu yang sangat krusial karena dapat menghambat pembangunan.

Untuk itu edukasi mengenai 1.000 hari pertama kehidupan sangat penting untuk mencegah dan sebagai modal utama, dalam pembangunan keluarga sejahtera dan pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas.

Edukasi ini tentunya bukan hanya untuk ibu istri dan kaum Ibu saja, namun para suami juga harus terlibat karena pengasuh anak bukan hanya tanggung jawab istri tetapi perlu peran aktif, serta dukungan dari para suami.

Baca juga : https://bogordaily.net/2023/12/google-doodle-tampilkan-pinisi-hari-ini-7-desember-2023/

“Selamat, saya harap saudari semua menjadi teladan dan inspirasi di masyarakat untuk membangun keluarga sehat kuat dan tentunya sejahtera,” jelasnya.

Wisuda Angkatan IV

Selanjutnya, Kepala Dinas P2AP3KB, Sussy Rahayu Agustini mengungkapkan, bahwa Wisuda Akademi Keluarga Hebat Indonesia (AKHI) telah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan wisuda tahun 2023 kali ini merupakan wisuda angkatan IV.

Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mencegah pada anak untuk melahirkan generasi yang sehat dan berkualitas.

Ia menambahkan, Akademi Keluarga Hebat Indonesia (AKHI) melalui 1.000 hari kehidupan bertujuan untuk membangun pribadi tangguh dalam keluarga, sebagai bentuk investasi anak untuk meningkatkan kualitas anak, melahirkan anak dengan kondisi sehat.

“Mempengaruhi pola dan gaya asuh keseharian untuk bayi dan balita, serta rangsangan belajar untuk anak dan kelekatan orang tua pengasuhan anak dan pembagian peran ayah dan ibu cerdas mengelola keuangan keluarga,” ujar Sussy.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here