Tuesday, 27 February 2024
HomePolitikBerapa Jumlah TPS Kabupaten Bogor di Pemilu 2024, Cek di Sini!

Berapa Jumlah TPS Kabupaten Bogor di Pemilu 2024, Cek di Sini!

Bogordaily.net – Berapa jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bogor dalam Pemilu 2024 nanti?

KPU, Pemkab Bogor dan Polres Bogor sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk mengamankan TPS tersebut.

TPS itu tersebar di seluruh titik yang sudah dipetakan KPU Kabupaten Bogor di setiap Daerah Pemilihan (Dapil), sebagai tempat warga menyalurkan suara atau mencoblos pada 14 Februari 2024.

Jumlah TPS Kabupaten Bogor di Pemilu 2024

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan bahwa, seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bogor memiliki tingkat kerawanan yang sama dalam Pemilu 2024.

Jumlah Personil yang Disiapkan Amankan TPS

Di Kabupaten Bogor, ada 15.228 TPS yang tersebar di 40 kecamatan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.889.441 pemilih.

“Semua TPS kami anggap rawan. Sehingga pengamanan kita berlakukan sama untuk menghindarkan dari segala bentuk gangguan kamtibmas,” kata AKBP Rio Wahyu Anggoro kepada wartawan usai meninjau Gudang Logistik KPU, Senin 15 Januari 2024.

Menurutnya, pada hari pemungutan suara, 14 Februari 2024 pihaknya akan menerjunkan lebih dari 4.000 personel petugas keamanan dari Kodim 0621, Polres Bogor, Brimob Polda Jawa Barat, hingga Satpol PP dan Linmas Kabupaten Bogor.

“Semua kami katakan rawan, kami tidak mau underestimate sehingga kami bisa melaksanakan tugas untuk menghindari dari situasi ancaman dan gangguan apapun sekecil apapun , saya minta Kabupaten Bogor zero dari insiden apapun,” jelasnya.

Dikawal dari Distribusi TPS Hingga Pencoblosan 

Ia mengatakan, pengamanan tidak hanya dilakukan saat proses pemungutan suara. Pengamanan dilakukan dari distribusi logistik menuju TPS hingga pasca pencoblosan.

“Sebaran personel yang akan mengawal dilihat dari situasi kamtibmasnya dan dilihat dari aspek demografinya juga. Termasuk aspek cuaca kami pertimbangkan agar pengawalan bisa dilakukan dengan baik,” ujar AKBP Rio.

Ia juga turut berpesan kepada masyarakat, untuk senantiasa dapat bersama-sama dalam menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Jadi bukan hanya tugas aparat keamanan, TNI dan kepala daerah, namun seluruh lapisan masyarakat kami minta peran sertanya untuk menciptakan situasi yang kondusif,” ungkapnya.

Jumlah TPS Kabupaten Bogor di Pemilu 2024 tersebut menjadi perhatian Polres dan tim gabungan untuk melakukan pengamanan.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here