Saturday, 27 July 2024
HomeKabupaten BogorDorong Partisipasi Pemilih Pemula, Pj. Bupati Bogor Serahkan KTP-el dan IKD ke...

Dorong Partisipasi Pemilih Pemula, Pj. Bupati Bogor Serahkan KTP-el dan IKD ke 1.460 Pelajar

Bogordaily.net – Pj. Bupati Bogor , lakukan penyerahan Kartu Tanda Penduduk (KTP-el) Elektronik dan Indentitas Kependudukan Digital (IKD) kepada 1.460 pelajar SMKN 1 Cibinong, Senin 29 Januari 2024.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan partisipasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Pj. Bupati Bogor, mengatakan bahwa, selain KTP-el juga dilakukan aktivasi Indetitas Kependudukan Digital (IKD) yang dapat diakses melalui aplikasi pada play store atau Apps Smart Phone .

“IKD dan KTP-el saling melengkapi, sehingga setiap penduduk dihimbau memiliki keduanya, untuk memastikan keaktifan data diri dalam berbagai layanan publik,” kata , Senin 29 Januari 2024.

Baca juga : 13 Pendaki Hilang di Gunung Gede Pangrango Ditemukan

Ia menjelaskan, sesuai amanat UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu dan UU no 1 tahun 2015 Jo UU No 6 tahun 2022 bahwa salah satu peran pemerintah daerah adalah melalukan pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik.

“Tinggal 17 hari lagi kita menuju Pemilu serentak pada 14 Februari 2024. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh warga sekolah SMKN 1 Cibinong dan siswa dan siswi yang sudah memiliki hak pilih, untuk menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024 nanti, jangan golput,” jelasnya.

Asmawa menambahkan, generasi muda harus mengawal pembangunan bangsa, dengan cara menggunakan hak pilih dengan optimal. Agar bermanfaat bagi kemajuan dan masa depan bangsa Indonesia.

Baca juga : Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Jadi Google Doodle Hari Ini

“Sikapi informasi politik dengan bijak, jadilah pemilih cerdas. Ingat pilihan boleh beda tapi persatuan dan kesatuan bangsa harus terus kita jaga,” ujar Asmawa.

Perekaman KTP-el di 40 Kecamatan

Sebagai informasi, dalam rangka meningkatkan partisipasi pada Pemilu tahun 2024, berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat perihal himbauan perekaman KTP-el bagi di satuan pendidikan tingkat SMA/SMK/SLB se-Jabar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor, membuka layanan perekaman KTP Elektronik di 40 kecamatan dengan target seluruh menengah atas SMK/SMK/SLB se-Jawa Barat.

Hal itu dilakukan juga kepada siswa dan siswi sebagai Bogor yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Potensi Pemilu.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here