Thursday, 9 May 2024
HomeOpiniHadapi Debat Capres Ketiga, Anies Dibantu 125 Jenderal

Hadapi Debat Capres Ketiga, Anies Dibantu 125 Jenderal

Bogordaily.net – Menghadapi ketiga dibantu 125 jenderal.

Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi sangat percaya diri mampu menjawab pertanyaan saat debat calon presiden pada Minggu besok.

Sebab, kata dia, isu-isu pertahanan dan keamanan menjadi perhatian bagi Anies. Terlebih, ada banyak jenderal TNI-Polri yang membantu Anies dalam menyiapkan debat soal pertahanan dan keamanan.

“Di pasangan 01 ini memiliki 125 jenderal dari bintang satu sampai bintang empat dari darat, laut, udara, dan polisi,” kata Syaugi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1/2024).

Purnawirawan TNI itu mengaku telah memberikan masukan kepada Anies perihal isu-isu pertahanan dan keamanan yang kekinian.

“Tentang pembangunan kekuatan TNI, problem Laut Cina Selatan, masalah anggaran, masalah-masalah yang lain. Itu semua sudah kita berikan masukan kepada tim debat,” ujar Syaugi.

Dia meyakini Anies akan menyampaikan visi, misi, program kerja, dan pemikirannya mengenai pertahanan dan keamanan saat menghadapi capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto besok malam.

“Insha Allah ini semua nanti besok bisa diformulasikan oleh Pak Anies. Insha Allah beliau orangnya smart di mana akan disampaikan hal ini,” tuturnya.

Topik Debat Ketiga

Perlu diketahui, KPU sebelumnya menetapkan dua jurnalis dari MNC Group untuk menjadi moderator yang akan mengatur jalannya debat ketiga capres-cawapres.

“Yang akan menjadi moderator pada pelaksanaan debat ketiga nanti ada Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi,” kata Anggota KPU August Mellaz di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (3/1).

Dia juga mengungkapkan 11 nama panelis yang akan merumuskan pertanyaan kepada tiga capres pada debat kali ini.

Adapun para panelis untuk debat kali ini ialah Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia Angel Damayanti, Dosen Hubungan Internasional dan Ahli Kajian Industri Pertahanan dan Alih Teknologi Universitas Binus Curie Maharani Savitri, Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia Evi Fitriani, serta Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani Hikmahanto Juwana.

Lebih lanjut, nama panelis lainnya ialah Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada I Made Andi Arsana, Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina lan Montratama, Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Irine Hiraswari Gayatri, serta Pakar Keamanan Universitas Pertahanan Kusnanto Anggoro.

Tiga nama panelis berikutnya yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan Marsetio, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS Philips J. Vermonte, serta Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran Widya Setiabudi Sumadinata.

Sebelumnya, August mengungkapkan lokasi pelaksanaan debat yang akan mempertemukan , Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo itu.

“Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada 7 Januari tahun 2023 bertempat di Istora, tempatnya di Istora Senayan,” kata August.

Adapun tema debat yang akan dibahas ialah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here