Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalWujudkan Masa Depan Berkelanjutan, Nathabumi Edukasi Pemilahan Sampah di Sekolah

Wujudkan Masa Depan Berkelanjutan, Nathabumi Edukasi Pemilahan Sampah di Sekolah

Bogordaily.net Untuk mewujudkan masa depan berkelanjutan, melakukan edukasi pemilahan sampah di sekolah.

Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), melalui layanan pengelolaan limbah menggelar Program Edukasi Lingkungan (PEDULI).

Edukasi dilakukan kepada para siswa sekolah dasar di Sekolah Alam Indonesia (SAI) , Kamis 11 Januari 2024.

Kegiatan yang mengangkat tema KELAS KITA (Kelola Sampah Sekitar Kita) diadakan dengan melibatkan karyawan sebagai sukarelawan (volunteer). Hal ini untuk melakukan edukasi pemilahan sampah sejak dini yang dikemas menarik melalui praktik mengompos serta permainan kartu edukasi pemilahan sampah.

Head of AFR Division SBI, Budi Yuliadi Nugraha mengatakan kegiatan KELAS KITA bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini tentang pentingnya pemilahan dan pengelolaan sampah. Dari lingkungan terdekat seperti di rumah dan sekolah yang dapat berdampak pada penurunan jumlah sampah tidak terkelola yang berakhir di TPA.

“Kami percaya, masa depan berkelanjutan dapat terwujud melalui peran serta berbagai pihak. Terutama dengan melibatkan lebih banyak generasi muda dan menumbuhkan kesadaran serta rasa tanggung jawab untuk memilah, mengelola, dan mengurangi sampah,” ujar Budi.

Para siswa diajak bermain permainan edukasi untuk lebih memahami pemilahan dan pengolahan sampah.(Foto: Dok. Solusi Bangun Indonesia)

Menurut Budi, turut mengambil peran melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk replikasi penerapan teknologi RDF di berbagai kota di Indonesia.

Kerja sama pun semakin berkembang ke kota-kota lain. Di antaranya dengan Pemkab Banyumas, Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Aceh, Pemkab Temanggung. Kemudian Pemkab Sleman dan pengelola sampah di Denpasar, Bali.

Penanganan limbah B3 maupun Non-B3 dari berbagai sektor industri, hingga melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai upaya edukasi pengelolaan sampah dan limbah yang ramah lingkungan.

“Hal ini tentu saja menjadi upaya dalam mewujudkan lingkungan yang lestari serta memberikan nilai tambah bagi masa depan yang lebih baik,” tambah Budi.

Kolaborasi

Sementara itu dalam kegiatan tersebut, para siswa juga mengetahui bagaimana peran dalam mengelola limbah dan sampah. Sehingga dapat memahami secara sederhana apa perbedaan limbah dan sampah dan bagaimana cara pengelolaannya.

“Kolaborasi ini sangat bermanfaat dan perlu dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Kami sangat senang karena kegiatan dikemas menarik melalui permainan edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak. Sehingga dapat dipahami dengan lebih mudah,” ujar Kepala Sekolah SAI  Siti Mariam, S.Pd.

Perwakilan SBI beserta para siswa dan pengajar SAI berfoto bersama setelah program KELAS KITA selesai dilaksanakan.(Foto: Dok. Solusi Bangun Indonesia)

Di sisi lain, sebagai bagian dari perusahaan yang berkomitmen dalam mendorong target pembangunan berkelanjutan 2030, juga berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap.

Terutama dalam mengoperasikan fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau refuse-derived fuel (RDF) di Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here