Monday, 4 March 2024
HomeKota BogorPerayaan Isra Mi'raj di KB-TK Bosowa Bina Insani: Perkuat Kebiasaan Beribadah Sejak...

Perayaan Isra Mi’raj di KB-TK Bosowa Bina Insani: Perkuat Kebiasaan Beribadah Sejak Dini

Bogordaily.net menggelar kegiatan pembelajaran Isra Mi'raj dengan tema “Dengan Shalat, Pahala Surga Didapat” pada hari Selasa, 6 Februari 2024 / 25 Rajab 1445 H.

Acara ini dihadiri oleh 134 peserta didik dan 19 ibu guru, serta dihadiri oleh sejumlah tokoh penting seperti Manager Islamic Studies Ust Asep Sumarsana, Wakil Kurikulum Bosowa Tjutjut Herawati, dan Kepala KB TK Bosowa Bina INsani Femi Balti serta Ketua PABBI Tya.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menanamkan kebiasaan beribadah, khususnya shalat, yang dicontohkan oleh Rasulullah kepada anak-anak sejak usia dini.

Pembukaan Isra Mi'raj dimulai dengan membaca Basmallah bersama-sama, diikuti dengan pembacaan Doa Al-Qadr oleh perwakilan kelompok B .

Baca juga : Tanggal Merah Februari 2024: Isra Miraj, Imlek, hingga Pemilu

Dalam sambutannya, kepala sekolah, Miss Femi, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari pembiasaan shalat dalam berbagai aspek kehidupan.

“Kegiatan Isra Mi'raj ini merupakan kegiatan pembelajaran pembiasaan shalat yang diaplikasikan dalam berbagai macam penampilan,” ucapnya.

Manager Islamic Studies, Ust. Asep Sumarsana, juga menyoroti signifikansi pembiasaan shalat sejak dini dan manfaatnya yang besar.

“betapa pentingnya pembiasaan Shalat itu sejak dini,” ujar Ust Asep.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Shalawat Al-Busyr yang dipimpin oleh Kelompok A1 Ibnu Misjah, sejarah singkat Isra Mi'raj yang dibawakan oleh kelas B1 Al Mimar.

Kemudian acara selanjutnya menampilkan lantunan QS Al Baqarah ayat 43 yang dibawakan oleh kelompok A2 Al Khalaf, lantunan QS Al Isra ayat 78 yang dibawakan oleh kelompok B2 Ibnu batutah, dan juga lantunan QS Al-Baqarah ayat 4.

Melalui ayat tersebut Allah memerintahkan shalat bagi umat muslim dan menjadikannya kewajiban shalat 5 waktu sehari semalam, melalui ayat tersebut juga allah memerintahkan kita untuk meminta pertolongan dalam menghadapi urusan dengan bersabar dan menahan diri dari hal yang tidak baik dengan shalat.

Gerakan Shalat

Selain itu, kegiatan juga menampilkan bacaan Hadist tentang shalat yang dibawakan oleh kelompok A4 Al-Kindi, dan nyanyian-nyanyian Shalat seperti, Nyanyian lagu Rukun Islam yang dibawakan oleh A3 Al Asma'i, kemudian nyanyian lagu tentang gerakan solat oleh A5 Al Jazari, dan terakhir nyanyian tentang rakaat shalat yang dibawakan oleh A6 Al Batani yang disertai dengan partisipasi orang tua peserta didik.

Rangkaian shalat juga diperagakan oleh peserta didik, dimulai dari Tepuk Wudhu yang dibawakan oleh Kelompok Bermain Al Biruni dan Ibnu Hisyam, hingga bacaan niat shalat dan doa Rukuk hingga Sujud.

Lalu, dilanjut dengan tampilan Adzan yang dibawakan oleh Arka kelompok B3 Al Jabar dan iqomah yang dibawakan oleh Thariq kelompok A2 Al Khalaf.

Setelah penampilan Adzan dan Iqomah maka dilanjut dengan rangkaian shalat yang dimuali dengan bacaan niat shalat dan doa iftitah dibacakan dan diperagakan oleh kelompok B4 Ibnu Sina.

Baca juga : PLN Beri Tips Aman Saat Hujan Datang

Kemudian, dilanjut dengan bacaan doa Rukuk hingga Sujud yang dibacakan dan diperagakan oleh kelompok B5 Ibnu Khaldun, dan terakhir adalah bacaan attahiyat yang dibawakan dan di peragakan oleh kelompok B6 Al Hayyan.

Pelaksanaan shalat bersamaan dengan berdzikir dan berdoa juga menjadi bagian dari kegiatan ini.

Acara ditutup dengan nyanyian shalawat Sholatun Minallah oleh peserta didik kelompok B, yang disusul dengan nyanyian lagu Isra Mi'raj yang diikuti oleh semua peserta dengan semangat.

“Dengan berbagai rangkaian kegiatan yang mengedepankan pembiasaan shalat sejak usia dini, memberikan kontribusi yang berarti dalam memperkuat keimanan dan kecintaan anak-anak terhadap ibadah shalat,” ujar Wardah Salsabila, S.Li.

Semua kegiatan dilaksanakan dengan antusias dan semangat, menggambarkan komitmen dalam mempersiapkan generasi muda yang berkarakter dan religius.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here