Sunday, 5 May 2024
HomeTravellingMengenal Mandril, Monyet Terbesar di Dunia yang Ada di Taman Safari Bogor

Mengenal Mandril, Monyet Terbesar di Dunia yang Ada di Taman Safari Bogor

Bogordaily.net (Mandrillus sphinx) atau biasa disebut Monyet Dukun atau monyet terbesar di dunia ada di

Satwa cantik ini hidup di bagian barat dan tengah Afrika. mendiami hutan hujan tropis yang terletak di dataran tinggi dan daerah pegunungan.

Jumlah kini telah berkurang secara drastis dalam beberapa dekade terakhir. Hilangnya habitat karena meningkatnya pertanian dan deforestasi adalah faktor utama yang mempengaruhi kelangsungan hidup mandrill di alam liar. Daging juga sangat dihargai dan sering dikonsumsi oleh penduduk asli.

Baca juga : Akrab, Lisa BLACKPINK Foto Bareng Taylor Swift di Backstage

digolongkan sebagai spesies rentan yang artinya dapat terancam punah dalam waktu dekat. Di Indonesia, disebut sebagai Monyet Dukun.

Fakta Mandril di

Berikut fakta-fakta unik tentang Mandril yang wajib diketahui:

1. Mandrill adalah satwa primata dengan ukuran sangat besar. Panjangnya bisa mencapai 63 hingga 81 cm dan berat 10 hingga 37 kg. Pejantan biasanya dua kali lebih besar daripada betina.

2. Tubuh Mandril ditutupi dengan bulu lebat berwarna hijau zaitun. Pejantan memiliki janggut kuning oranye.

3. Mandril memiliki warna tubuh yang unik di antara monyet. Wajah mereka memiliki tanda khas merah dan biru. Bagian pantatnya yang berwarna cerah adalah tanda kematangan seksual. Warna itu juga mencerminkan keadaan emosional satwa: warna akan menjadi lebih menonjol ketika satwa bersemangat. Intensitas warna lebih tinggi pada pejantan.

Baca juga : Melihat Program Makan Siang Gratis Siswa SMA Pertama di Indonesia

4. Mandril memiliki gigi taring yang sangat panjang (6,3 cm) yang digunakan untuk pertahanan diri. Satwa ini terkadang mengekspos giginya sebagai cara menyapa.

5. Mandril memiliki kantong pipi yang disesuaikan untuk penyimpanan makanan. Cadangan makanan ini digunakan untuk ngemil nantinya.

Tak perlu jauh-jauh ke alam bebas, Sahabat Satwa bisa bertemu mereka dari dekat saat berkunjung ke .

Penasaran kan? Segera kunjungi exhibit Monyet Dukun di ya. Pesan tiket masuknya DI SINI.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here