Monday, 20 May 2024
HomeNasionalJoko Pinurbo Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun, Ini Profil Sang Sastrawan

Joko Pinurbo Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun, Ini Profil Sang Sastrawan

Bogordaily.net   yang dikenal sebagai sastrawan dan juga penyair dikabarkan hari ini Sabtu 27 April 2024 pagi. Berikut profil .

Pria yang disapa Jokpin wafat pada usia 61 tahun di Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta. Kabar duka salah satunya diungkap melalui unggahan Instagram @sastragpu, Sabtu 27 April 2024.

“Mas Jokpin, selamat jalan. Terima kasih Mas untuk kebersamaannya selama puluhan tahun, mempercayakan karya-karya Mas Jokpin di Gramedia Pustaka Utama,” tulis Satra GPU.

Baca Juga: Mayat Diduga Korban Tawuran di Kandang Roda Bogor Masih Diselidiki, Ini Kata Polisi

“Kami akan sangat rindu dengan celetukan, obrolan segala bahasan sampai lupa waktu, acara bersama Mas Jokpin yang selalu ditunggu-tunggu. Selamat beristirahat dengan tenang, Mas Jokpin.

Profil 

lahir di Sukabumi, 11 Mei 1962. Umur saat ini 61 tahun. Ia merupakan sastrawan dan juga penyair yang telah menghasilkan banyak karya.

Ia menempuh pendidikan di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (sekarang Universitas) Sanata Dharma, Yogyakarta.  Hobinya mengarang puisi telah dijalaninya sejak duduk di bangku SMA.

Sejumlah penghargaan sudah diraihnya di antaranya Penghargaan Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta (2001), Sih Award (2001), Hadiah Sastra Lontar (2001).

Lalu Tokoh Sastra Pilihan Tempo (2001, 2012), Penghargaan Sastra Badan Bahasa (2002, 2014), Kusala Sastra Khatulistiwa (2005, 2015), dan South East Asian (SEA) Write Award (2014).

Jokpin juga kerap diundang ke berbagai pertemuan dan festival sastra. Karya-karyanya bahkan telah diterjemahkan ke bahasa Inggris, Jerman, Rusia dan Mandarin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here