Wednesday, 22 May 2024
HomeBeritaKeutamaan Membaca Surat Al Kahfi: Terhindar dari Fitnah dan Diampuni Dosa

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi: Terhindar dari Fitnah dan Diampuni Dosa

Bogordaily.net – Dalam ajaran Islam, keutamaan membaca surat di , karena diyakini memiliki manfaat yang luar biasa. Tidak hanya dianggap sebagai amalan yang mulia, tetapi juga sebagai sumber ketenangan batin bagi setiap Muslim.

Surat termasuk dalam golongan surah Makiyyah, yang berarti turunnya surat ini terjadi di kota Mekkah. Keutamaan membaca surah Al-Kahfi telah dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkannya.

Membaca surat di hari Jum'at diyakini dapat menjadi pelindung bagi umat Islam dari fitnah Dajjal.

Dalam tradisi Islam, terdapat beberapa manfaat yang didapatkan dengan membaca surat di hari Jum'at :

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Nabi Muhammad SAW bersabda jika seorang manusia rajin membaca surat tidak hanya di hari Jum'at saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

Manfaat membaca surat ini juga akan diberikan bagi yang bisa membaca surah Al-Kahfi dalam satu hari Jum'at saja.

2. Diampuni Allah SWT

Membaca surat Al-Kahfi akan membuat seseorang diampuni segala dosanya oleh Allah SWT. Sebab, setiap manusia pasti memiliki dosa. Setan akan selalu berusaha merusak iman dan mengajak manusia kejalan kesesatan.

Sesuai yang terkandung dalam HR. Abu Bakr bin Mardawaih, bahwa Rasullulah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

3. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Membaca surat dapat memudahkan mendapat rida Allah SWT. Juga menghindarkan seseorang dari perasaan gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam HR Ahmad bahwa Rasullullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.”

4. Dijauhkan dari Godaan Setan

Setan adalah musuh terbesar manusia, terutama dalam melakukan perbuatan baik dan beribadah. Membaca surat Al-Kahfi dapat membuat seseorang terhindar dari godaan setan ini.

Demikian keutamaan membaca surat di hari Jum'at.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here