Thursday, 9 May 2024
HomeNasionalLomba Video Pendek Cara Saya Menjaga Bumi: Berikut Daftar Lengkap Pemenang

Lomba Video Pendek Cara Saya Menjaga Bumi: Berikut Daftar Lengkap Pemenang

Bogordaily.net bertajuk “Cara Saya Menjaga Bumi” selesai digelar dan berikut daftar lengkap pemenang yang telah diumumkan.

Netralnews bekerja sama dengan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI), Universitas Negeri Malang, dan Sinau Cagar Budaya (Sigarda) menyelenggarakan atau short video bertema “Cara Saya Menjaga Bumi”.

Kegiatan ini didukung oleh Harita Nickel, Agincourt Pt Agincourt Resources, PT Pertamina Gas Negara (PGN), Geo Dipa Energi Persero, dan PT Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa Bali (SGPJB) sebagai JVC dari PLTU Jawa 7.

Lomba berlangsung sejak 15 Februari-10 April 2024. Para pemenang lomba lalu diumumkan dalam webinar nasional yang digelar pada Sabtu, 27 April 2024.

Lomba yang terbuka untuk umum mendapat sambutan berbagai pihak. Khususnya generasi muda yang sadar akan pentingnya merawat dan menjaga bumi lewat berbagai aksi nyata.

Antusias Peserta

Hal itu terbukti dari banyaknya mahasiswa, pelajar, dan pecinta lingkungan dari berbagai daerah yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Dalam webinar nasional pengumuman pemenang ‘Cara Saya Menjaga Bumi' diisi dengan diskusi seputar bagaimana kepedulian semua pihak demi bumi yang berkelanjutan yang dipaparkan oleh Pemerhati Lingkungan dari Chairman Energy and Mining Editor Society, Dudi Rahman selaku pemateri.

Ketua Dewan Juri Taat Ujianto pada webinar nasional dan pengumuman pemenang ‘Cara Saya Menjaga Bumi' mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 231 peserta.

“Lomba ini diikuti oleh 231 peserta dari berbagai daerah, seperti dari Maluku, Sulawesi, NTT, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Ini cukup membanggakan karena menunjukkan masyarakat peduli dengan topik bagaimana menjaga bumi,” ujar Taat.

Ia menjelaskan dari 231 peserta itu, dewan juri kemudian melakukan penilaian untuk menentukan video pendek yang layak dipublikasikan. Hingga penentuan 10 karya terbaik.

“Dari 10 karya terbaik kemudian dewan juri menentukan 3 pemenang utama dan 3 juara harapan dan 4 pemenang favorit yang juga berhak mendapatkan hadiah dari penyelenggara,” paparnya.

Menurut Taat, dalam lomba tentu ada yang menang dan ada yang kalah. Ia pun berharap yang kalah tidak berkecil hati tetapi tetap mengembangkan diri karena kesuksesan hanyalah masalah waktu.

“Kepada yang menang kami berharap semakin semangat untuk produktif khususnya menyuarakan soal ekologi,” ujarnya.

Dalam penilainnya, dewan juri menggunakan tiga kriteria pokok, yakni inovasi gagasan, kreativitas, serta relevansi video sesuai dengan tema lomba.

Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, dewan juri memutuskan pemenang lomba pada 25 April 2024. Berikut daftar pemenang bertema “Cara Saya Menjaga Bumi”:

Pemenang

Juara I: Marisca Kadharmestan (Siswa SMA Tzu Chi)
Judul video “Jejak Hijau Saya”

Juara II: Dwi Martono (Pecinta Lingkungan)
Judul video “Caraku Rawat Habitatku”

Juara III: Intje Hajri (Anggota BCAC)
Judul video “Lawan Krisis Iklim, Selamatkan Terumbu Karang”

Harapan I: G Bayu Pajar Pamungkas (Mahasiswa Universitas Terbuka)
Judul video “Langkah Kecil, Bumi Sehat: Memulai Perubahan dengan Tindakan Sederhana”

Harapan II: Najla Putri Aprilia (Mahasiswa Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran)
Judul video “Aksi Nyata Jaga Bumi dengan Cara Mengolah Sampah”

Harapan III: Muhammad Hanif (Siswa SMA Bina Insan Mandiri)
Judul video “Peran Pemuda dalam Transisi Energi di Dunia”

Favorit Lomba Video Pendek

Adapun 4 video pendek lainnya yang juga menjadi favorit dan berhak mendapat bingkisan dari penyelenggara lomba antara lain:

1. Muhammad Tedy Mufarrih (Siswa SMA Negeri 2 Pangkalpinang)
Judul video “Jejak Pertambangan Timah

2. Dizqi Thiarna Rahadian (Mahasiwa Universitas Pendidikan Indonesia)
Judul video “Cara Kita Menjaga Bumi”

3. Ivan Farizi Mardia (Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Judul video “LISA (Lihat Sampah Ambil)”

4. Naufal Furqon Ramdhani (Siswa SMK Al-Wafa Kab. Bandung)
Judul video “4 Langkah Menjaga Bumi”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here