Monday, 17 June 2024
HomeKabupaten BogorPj. Bupati Lantik 120 Anggota Panwascam se-Kabupaten Bogor

Pj. Bupati Lantik 120 Anggota Panwascam se-Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu melantik dan pengambilan sumpah janji anggota Panwascam se-Kabupaten Bogor pada Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024, di New Panjang Jiwo, Sukaraja, Jum'at 24 Mei 2024.

Ia berpesan agar (Panwascam) mampu mengemban amanah untuk mengawal dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor yang demokratis, bermartabat, dan berintegritas.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, Pilkada serentak untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati, akan diselenggarakan di Kabupaten Bogor pada hari Rabu, 27 November 2024.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mengucapkan selamat menjalankan tugas, kepada para anggota Panwascam se-Kabupaten Bogor,” kata Asmawa.

“Semoga semua mampu mengemban amanah untuk mengawal dan mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang demokratis, bermartabat, dan berintegritas,” tambahnya.

Ia juga berpesan, untuk dapat melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan dan kode etik. Jaga independensi, netralitas, profesionalisme dan integritas.

Kemudian, meningkatkan terus pengetahuan kepemiluan untuk tegaknya penyelenggaraan seluruh tahapan Pemilu. Cegah konflik dan ciptakan kondusifitas melalui sinergi dan koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholders.

“Saya harap, saudara semua mampu meminimalisir segala bentuk penyimpangan pelanggaran dalam penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada, agar Pilkada Kabupaten Bogor yang sukses tanpa ekses, lancar, aman dan kondusif,” imbuhnya.

Tanggung Jawab Pancawaslu

Ia mengungkapkan, Panwaslu kecamatan mengemban tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang cukup berat untuk mengawal pelaksanaan Pilkada 2024, karena Kabupaten Bogor merupakan lokus penyelenggaraan pemilu kolosal terbesar se-Indonesia.

“Saya minta hal-hal yang sudah berjalan baik agar dilanjutkan dan ditingkatkan, apa yang masih kurang diperbaiki agar tidak terulang kembali pada Pilkada serentak 27 November 2024 nanti,” ungkap Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

Selanjutnya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin menerangkan, Pilkada Kabupaten Bogor tinggal menghitung hari, kepada anggota Panwascam yang dilantik hari ini agar melaksanakan evaluasi terhadap Pemilu kemarin.

Utamanya soal pencegahan, pengawasan, dan penanganan pelanggaran mendapat atensi khusus dari Bawaslu Republik Indonesia.

“Sumpah dan janji dalam pakta integritas yang kita bacakan, itu melekat. Orang lain mungkin tidak tahu, tapi tuhan mengetahui Itu, maka jalankan amanah ini dengan baik,” ungkap Ridwan.

Sebagai informasi, sebanyak 120 anggota Panwascam dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor.

Terdapat 22 orang yang baru pertama kali menjadi Panwascam, sisanya merupakan Panwascam Pemilu Februari lalu ,yang dianggap berpengalaman dan berkinerja baik.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here