Friday, 12 July 2024
HomeKota BogorKomitmen Tumbuhkan Generasi Sehat Terus Digencarkan Pemkot Bogor

Komitmen Tumbuhkan Generasi Sehat Terus Digencarkan Pemkot Bogor

Bogordaily.net – Komitmen penuh untuk menumbuhkan generasi yang sehat dan kuat menuju Kota Bogor zero stunting terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Salah satunya melalui program inovasi Basuh Anting (Bapak asuh anak stunting/orangtua asuh anak stunting).

Dengan menggerakkan semua perangkat daerah untuk ikut dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kota Bogor.

Program inovasi yang diluncurkan sejak tahun 2023 ini kembali digalakkan Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari.

Hery menekankan agar seluruh program yang dibuat agar ditambah dengan inovasi lain dari setiap perangkat daerah dan bisa dijalankan dengan optimal.

Sehingga kerja sama kolaborasi yang terjalin dalam tim percepatan penurunan stunting menjadi peningkatan terhadap pelayanan kepada masyarakat agar menjadi lebih baik lagi.

“Paling penting adalah komitmen bersama, juga terbentuk program dan sebagainya. Serta dijalankan dengan optimal,” tegas Hery

Berdasarkan data tahun 2023 angka stunting Kota Bogor turun dari 2.363 menjadi 1.849 atau turun 514 anak. Kemudian, data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dari hasil penimbangan tahun 2023 turun 0,5 persen dari 2,3 persen.

Sementara itu Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan dengan data tersebut memiliki gambaran untuk meningkatkan upaya dalam mengatasi stunting.

Untuk itu di tahun 2024 perlu kerja ekstra dua kali lipat dengan optimalisasi program inovasi yang ada diantaranya adalah dengan Pemkot PentingLur (intervensi anak stunting) dengan memberikan protein dari telur) dan Basuh Anting.

“Dengan begitu berarti upaya kita harus lebih, dua kali bikin inovasinya, dua kali bantuannya untuk anak-anak stunting ini. Jadi semua dua kali, waktu kita tahun ini tinggal 6 bulan. Kemudian nanti di bulan Agustus dari hasil yang ada kita valuasi lagi,” ujar Syarifah.***

Muhammad Irfan Ramadan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here