Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalTerkini! Gempa M 5,3 Guncang Pangandaran, Tak Berpotensi Tsunami

Terkini! Gempa M 5,3 Guncang Pangandaran, Tak Berpotensi Tsunami

Bogordaily.net dengan kekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Pangandaran, Jawa Barat pada hari ini Minggu, 20 November 2022 pukul 01.28 WIB.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa episentrum berada di titik 8.11 LS,107.87 BT atau 82 km barat daya Pangandaran, Jawa Barat di kedalaman 24 km.

“Wilayah selatan Garut, Jawa Barat diguncang tektonik,” tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dikutip dari Tempo.com, Minggu, 20 November 2022.

Hasil analisis BMKG menunjukkan ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,1. Episenter terletak pada koordinat 8,01° LS ; 107,89° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah selatan Cibalong, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 70 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas patahan dalam Lempeng Indo-Australia,” tambahnya dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa memiliki mekanisme pergerakan naik.

ini berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Di daerah Pangandaran dan Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Di daerah Bandung Barat, Ciamis, Cilacap, Kab. Bandung, dan Kota Bandung dengan skala intensitas II MMI.

Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa di Pangandaran ini tidak berpotensi tsunami.

Selain itu, hingga pukul 02.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas susulan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here