Monday, 30 September 2024
HomeBeritaBegini Kata KPU Soal Debat Final Cagub DKI Hari Ini

Begini Kata KPU Soal Debat Final Cagub DKI Hari Ini

BOGOR DAILY– 

Hari ini (12/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar debat final Calon Gubernur DKI Jakarta. Lokasi debat juga telah ditentukan yakni tetap seperti sebelumnya di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya telah mempersiapkan segala hal yang terkait penyelenggaraan debat. “Kami sudah gelar rapat koordinasi teknis terakhir untuk memastikan rundown (debat),” kata dia.

Lanjutnya menerangkan, di debat final ini bakal ada perbedaan format dibandingkan dengan debat sebelumnya. Pasalnya, konten debat kali ini lebih berisi konfirmasi visi, misi, dan program masing-masing paslon untuk masyarakat.

Menurut dia, KPUD DKI ingin mendapatkan respons masyarakat terkait visi, misi, dan program paslon. “Kami sudah siapkan temanya dari masyarakat untuk Jakarta,” sambung dia.

Menyesuaikan dengan tema tersebut, KPUD DKI akan mengundang kelompok masyarakat yang sudah diseleksi disaring dari sisi netralitasnya untuk dihadirkan di dalam debat dan kemudian menyampaikan langsung kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur.

“Jadi saat debat akan ada tiga bagian. Pertama komunitas masyarakat yang bertanya, kemudian pertanyaan dari panelis tentang program-program yang sudah disampaikan semacam studi kasus, kemudian tektok antarpasangan calon,” tutur dia.

Dia menerangkan, pertama nanti di saat debat isinya adalah calon wakil gubernur, mereka saling bertanya dan saling berdebat antarcalon wakil gubernur. Hal tersebut akan dilanjutkan oleh masing-masing calon gubernur.

Terakhir, KPUD DKI mempersilakan masing-masing calon gubernur memberikan pernyataan penutup atau closing statement. “Closing statement ajakan mereka mewujudkan Pilgub yang damai dan aman,” sambung dia.

Ketika disinggung soal pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada para calon peserta debat, dia berharap cagub dan cawagub bisa all out dalam memberikan pemaparan saat debat. “Karena ini final, harus maksimal,” terangnya.

Debat putaran kedua Pilgub DKI 2017 direncanakan digelar Hotel Bidakara pada Rabu (12/4) mulai pukul 19.30 WIB. Debat itu bakal disiarkan secara langsung oleh 14 stasiun televisi di seluruh Indonesia.