Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaSri Mulyani: Masih Banyak UMKM Menghadapi Keterpurukan

Sri Mulyani: Masih Banyak UMKM Menghadapi Keterpurukan

BOGORDAILY – Menteri Keuangan,  Indrawati mengakui dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Apalagi sejak adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), omzet penjualan menurun dan bahkan usaha terhenti. Hal ini kemudian membuat ekonomi merosot tajam.

Dia mengatakan, beberapa pelaku UMKM kini telah bangun dari kondisi yang sulit. Sebab beberapa dari mereka sudah memanfaatkan peluang dan mengasah kreativitas untuk menggarap hal baru.

“Tapi masih banyak yang menghadapi kondisi keterpurukan karena keterbatasan modal kerja atau karena pembayaran pinjaman kreditnya macet,” kata dia seperti dikutip dari laman instagramnya, Senin (6/7).

Melihat kondisi tersebut, pemerintah sejak awal sudah memprioritaskan UMKM dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Pemerintah telah menyediakan perlindungan melalui insentif pajak dan subsidi bunga atau kredit. Selain itu, diberikan pula restrukturisasi atau tambahan kredit UMKM, dan penjaminan kredit modal kerja UMKM.

Agar perbankan dapat dengan cepat memberikan pembiayaan kepada UMKM, pemerintah telah menempatkan uang di empat bank pemerintah sebesar Rp30 triliun. Selanjutnya, bank-bank tersebut dapat memberikan pembiayaan kepada UMKM dengan tingkat suku bunga lebih murah.

“Ini merupakan tahap pertama dan akan ada tahap selanjutnya yang juga mengikutsertakan Bank Pembangunan Daerah,” kata dia.

Dukungan Teknis

Melalui Kemenkop-UKM, pemerintah juga memberikan dukungan dalam bentuk teknis untuk membantu UMKM. Dia berharap seluruh UMKM dapat bangkit pasca pandemi Covid-19 berakhir.

“Pertama, UMKM menggunakan fasilitas yang telah disediakan pemerintah untuk mengembalikan apa yang sempat terpuruk,” kata dia.

Kemudian pemerintah akan perkuat akses pasar dalam negeri, yang potensinya demikian besar, dengan mengutamakan konsumsi produk dalam negeri. Sebab, produk hasil kreativitas anak bangsa telah banyak terbukti mampu bersaing dan tidak kalah dengan produk asing.

“Saya tidak pernah ragu. Ayo dukung bersama memajukan UMKM! Pelaku UMKM, bangkitmu adalah bangkitnya kembali ekonomi negeriku,” tandas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here