Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorSiswa Bogor Tewas Diadu Duel, Ibunya Ngadu ke Jokowi

Siswa Bogor Tewas Diadu Duel, Ibunya Ngadu ke Jokowi

BOGOR DAILY- Seorang Ibu dari Bogor menulis curahan hatinya mengenai peristiwa yang merenggut nyawa anaknya, Hilarius Christian Event Raharjo (15), kepada Presiden Joko Widodo. Melalui akun Facebook Maria Agnes, dia menceritakan kronologi hingga putranya meninggal dunia.

Maria juga meminta agar keadilan bisa ditegakkan seadil-adilnya. “Kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo yang saya hormati,” tulis Maria mengawali catatan yang diunggahnya pada 12 September 2017.

“Bapak, izinkan saya mengadu dan bicara apa adanya tentang yang merenggut nyawa anak saya Hilarius Christian Event Raharjo kelas X di sekolah SMU BM,” sambungnya.

Saat didatangi  ke kediamannya di Jalan Cipaku, Bogor, Kamis (14/9/2017). Menurut Maria, sejumlah pelaku tidak dihukum.

Maria menceritakan lebih dari 50 orang yang menonton anaknya, Hilarius, disiksa hingga tewas. Menurut dia, penyiksaan tersebut bahkan direkam dalam video oleh siswa-siswa dari salah satu SMU di Bogor.

“Hilarius diadu seperti binatang di arena sorak-sorai anak MY dan BM. Meninggal sebentar karena dalam kondisi jatuh ditarik kakinya, diinjak ulu hatinya, jantungnya diinjak, mata memutih,” tulis Maria.

Putranya sempat ingin mundur dan tidak mau berkelahi namun pinggangnya ditendang oleh Ketua OSIS di tempatnya bersekolah.

Hilarius, kata dia, berusaha bangkit dan mengalami kejang-kejang tapi terus dipukul kepalanya hingga meninggal. “Hila meninggal di TKP. Di lapangan SMU Negeri 7 Indrapasta Bogor. (Pukulan di kepala) atas suruhan promotor dari MY, DO-an untuk pukul Hila yang belum KO, katanya,” ujar Maria.]

Maria menyayangkan mereka yang dihukum hanya yang saat itu sedang berkelahi. “Sementara promotor acara BOM BOM AN dari DO-an BM ini masih bebas berkeliaran,” ucapnya.

Dia mengaku hatinya tersiksa oleh syarat otopsi yang harus dilakukan terhadap jenazah putranya. “Dan harus disiksa lagi dengan otopsi. Bukankah saya berhak untuk menolak otopsi,” kata Maria.

Maria berharap Presiden Jokowi bisa membantunya menunjukkan keadilan agar setiap orang yang berperan hingga menghilangkan nyawa putranya bisa dihukum setimpal.

“Bapak Presiden, saya memohon, Pak. Supaya ada penyempurnaan peraturan hukum untuk yang mengakibatkan tunas bangsa harapan negara dan orangtuanya, nyawanya hilang tanpa belas kasih,” ujar Maria.

“Biar mereka pembunuhnya masih di bawah umur tapi akibatnya tetap sama. Hilang nyawa orang lain. Saya sedih dan hancur, Bapak Presiden. Mohon Bapak membantu saya untuk solusi keadilan,” kata Maria mengakhiri catatan tersebut.

Catatan Maria yang diunggah ke media sosial tersebut mengundang banyak respons dan empati masyarakat. Pemilik akun Radiah Abdullah, misalnya, mengungkapkan bahwa dirinya ikut merasakan hal yang dirasakan Maria.

“Turut berduka cita, Ibu. Setiap orangtua khususnya ibu pasti akan merasakan duka yang luar biasa jika mengalami seperti (yang) Ibu alami,” tulis dia.

Beberapa masyarakat yang berkomentar juga berharap Maria dan keluarga diberi ketabahan serta pelaku mendapatkan hukuman yang setimpal.

“Turut berduka cita Ibu. Saya sangat setuju pelaku dihukum seberat-beratnya. Semoga surat itu sampai dibaca Pak Presiden. Hati saya miris membacanya. Anak saya laki-laki. Yang tabah ya, Bu,” tulis pemilik akun Linda's Irwan.