Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorMahasiswa IPB Jadi Tersangka Demo 'Jokowi-JK'

Mahasiswa IPB Jadi Tersangka Demo ‘Jokowi-JK’

BOGOR DAILY-Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Muhammad Ardi Sutrisbi dan mahasiswa STEI SEBI Iksan ditetapkan sebagai unjuk rasa mengkritisi tiga tahun kinerja Jokowi-JK di depan Istana Merdeka, Jumat (20/10/17) lalu.

Penetapan dilakukan usai keduanya menjalani pemeriksaan selama 1×24 jam di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jakarta.

“Dua orang ditahan, satunya dari IPB dan dari STEI SEBI,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono saat dihubungi, Senin (23/10/17).

Argo mengatakan, keduanya ditahan sejak Minggu (22/10). Mereka diganjar beberapa pasal, terkait perusakan fasilitas umum dan tentang penghasutan.

“Dikenakan Pasal 170 dan Pasal 160 KUHP,” kata Argo.

Sementara itu, 12 mahasiswa lain yang ikut ditangkap telah dibebaskan setelah menjalani pemeriksaan. Polda Metro Jaya membantah telah melakukan tindak kekerasan terhadap mahasiswa saat membubarkan unjuk rasa di depan Istana Merdeka.

Sebelumnya Polda Metro Jaya mengamankan 14 orang mahasiswa yang ikut 3 Tahun Jokowi-JK di depan Istana Kepresidenan, karena diduga sebagai provokator yang menyebabkan sempat rusuh.

Bahkan petugas memberikan kesempatan kepada pengunjuk rasa untuk berdemo sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, padahal sesuai aturan batas pada pukul 18.00 WIB.

Karena tak menuruti imbauan, petugas membubarkan paksa pengunjuk rasa. Namun beberapa pendemo melakukan perlawanan dan perusakan terhadap fasilitas umum.

Akhirnya, petugas mengamankan 14 pendemo yang diduga terlibat perusakan dan melawan terhadap aparat.

Selain menetapkan 14 orang mahasiswa tersebut, polisi juga hari ini memanggil dua orang mahasiswa lainnya yakni Wildan dan Panji sebagai . Dengan demikian, dalam aksi itu menjadi 16 orang.