Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorAde Yasin Gagas Koperasi Gurandil

Ade Yasin Gagas Koperasi Gurandil

BOGOR DAILY– Calon Bupati Bogor memgaku prihatin dengan nasib para Penambang Emas Tambang Ilegal (PETI) di Gunung Pongkor, Bogor Barat atau gurandil pasca penertiban oleh aparat keamanan. Menurut Ade, mereka kini kehilangan mata pencaharian. Tak hanya itu, kondisi tersebut membuat ekonomi masyarakat Bogor Barat menurun. Karena tak sedikit masyarakat setempat menggantungkan hidupnya sebagai gurandil.

“Pemerintah daerah tak bisa lepas tangan. Nasib mereka harus kita pikirkan,” kata Ade saat memberikan orasi politiknya kepada ratusan RT, RW, Amil, BPD, kader Posyandu di Lapangan Paku, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Minggu (28/1) kemarin.

Ade mengatakan, jika dirinya dipercaya masyarakat Bogor Barat sebagai Bupati Bogor, maka dirinya akan menggagas pendirian koperasi gurandil. Dengan kehadiran koperasi gurandil ini maka keberadaan mereka menjadi legal di mata hukum.

“Jadi mungkin saja kita minta konsesi areal pertambangan ke pemerintah pusat yang kalau di beri izin di kelola koperasi gurandil. Jadi mereka sah menambang lagi. Tak perlu takut dikejar kejar aparat keamanan,” terangnya (gib)