Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten Bogor2 Bulan Sebelum Ultah Ke-13, Santri Bogor Tewas di Suriah

2 Bulan Sebelum Ultah Ke-13, Santri Bogor Tewas di Suriah

BOGOR DAILY- Kematian Hatf Saiful Rasul, bocah asal Bogor yang bergabung dengan militan Negara Islam Irak Suriah (ISIS) hingga kini masih jadi perbincangan. Tekadnya terbang ke negara Suriah dan ikut berperang sepertinya mewarisi pemikiran sang ayah, Syaiful Anam pelaku teroris yang telah divonis 18 tahun sejak 2007 lalu.

Lewat sebuah tulisan Essai 12.000 kata, Syaiful Anam banyak menuangkan kesaksiannya soal kisah perjalanan putranya menjadi .

Meski hanya setahun sepak terjak Hatf menjadi , namun Syaiful mengaku bangga dengan putranya. Syaiful yang terlibat dalam kasus Bom Tentena, Poso, Sulawesi Tengah pada 2005 yakin jika anaknya mati sahid. Saat itu, sedikitnya 22 orang tewas dan puluhan luka-luka. Bom dirakit sehari sebelumnya.

“Saya bangga karena anak saya telah mampu berjihad, InshaAllah.”ujar dia.

Syaiful menyebut kalau keinginan bertempur Hatf menemui akhir tak menyenangkan pada 1 September 2016 kemarin. Ia tewas akibat serangan udara di kota Jarabulus, Suriah.

“Hanya dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-13,”urainya.

Sekedar diketahui, Syaiful Anam  divonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Desember 2007,saat usianya masih 26 tahun. Dia divonis 18 tahun penjara, dari tuntutan jaksa 20 tahun penjara. Dia dijerat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Tak hanya itu, Syaiful juga sempat dibawa Densus 88 ke Jakarta karena diduga terlibat dalam kasus bom Thamrin.

Penjemputan terhadap Syaiful dilakukan karena dia diduga terlibat dalam aksi di sekitar Sarinah itu. Polisi mengendus keterlibatan pelaku bom Tentena, Poso, Sulawesi Tengah, itu melalui teknologi informasi. Syaiful diduga melakukan komunikasi dan ikut mendanai aksi teror itu.

Saat membawa Syaiful dari LP Nusakambangan, Densus 88 juga menyita sejumlah telepon seluler, router penguat sinyal beserta adaptor, untaian kabel panjang dan juga sejumlah uang.