Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorPelebaran Jalan Puncak Tinggal Menghitung Hari...

Pelebaran Jalan Puncak Tinggal Menghitung Hari…

BOGOR DAILY-Genderang perang telah ditabuh sejak setahun silam. Aksi penolakan one way sudah terjadi secara besar-besaran dan gelombang demonstrasi hampir terjadi setiap hari di halaman kantor Bupati Bogor. Para aktivis menuding one way telah menjadi penyebab banyak jatuhnya korban kecelakaan di jalur .

Tuntutan mereka dibayar kontan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan berbagai upaya dilakukan. Dari mulai rencana pembuatan jalur lingkar utara sampai rencana , kiri satu meter dan kanan satu meter.

Lagi-lagi rencana itu pun menuai kritikan. Aktivis menganggap pelebaran tersebut tidak efektif karena dianggap mengorbankan ribuan pedagang lapak oleh-oleh yang sudah bertahun-tahun mengais rezeki. Meski demikian, para pedagang seolah sudah pasrah. Terbukti, mereka dengan sukarela membongkar lapaknya sendiri.

”Mau bagaimana lagi, daripada nanti dibongkar paksa. Kalau dibongkar sendirikan bahan-bahan yang masih bagus bisa diselamatkan,” ungkap Usman, pedagang lapak oleh-oleh di kawasan Megamendung. Pihak Pemkab Bogor sudah memastikan penertiban akan dilaksanakan mulai tanggal 5 September mendatang. Jadwal itu kini tinggal menghitung hari.

Diawali dengan surat pemberitahuan kepada para pedagang dan spanduk pemberitahuan di tiga titik, yakni Kecamatan Ciawi, Megamendung dan Cisarua. Hal itu dipertegas pernyataan Wakil Kepala Unit Provost Pol PP Kabupaten Bogor Komarudin. Dia mengaku sudah mendapatkan perintah. ”Kami sudah mendapat perintah, penertiban lapak-lapak di ruang milik jalan sepanjang jalur dimulai tanggal 5 September,” tegasnya.