Saturday, 11 May 2024
HomeKabupaten BogorJalan di Dramaga Putus, 2.000 KK Sudah Seminggu Terisolir

Jalan di Dramaga Putus, 2.000 KK Sudah Seminggu Terisolir

BOGOR DAILY-  utama menuju Desa Neglasari, , Kabupaten Bogor terputus akibat longsor. Kondisi tersebut membuat sedikitnya 2.000 Kartu Keluarga (KK) terisolir.

Kepala Desa Neglasari Mulyana mengatakan, bencana longsor yang memutus akses utama warganya itu terjadi sudah satu pekan lebih. Tepatnya pada 3 April malam. Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Awalnya longgsor menggerus sekitar lima meter, lalu melebar menjadi 20 meter dan terus melebar hingga hari ini (17/4/2018) sekitar 100 meter dengan kedalaman 25 meter. Sehingga menghabiskan seluruh badan .

“Longsor ini memutuskan permukiman warga RT 1,2 dan 3 di RW VI, ada sekitar 2.000 KK terputus dan tidak memiliki akses untuk keluar permukiman. Ekonomi masyarakat mengalami kemunduran, karena kesusahan transportasi,” kata Mulyana di Bogor, Selasa (17/4/2018).

Longsornya membuat akses warga terputus. tidak dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Mobilitas warga untuk keluar desa hanya berjalan kaki melalui sawah.

“Warga terpaksa kaki lewat pematang  sawah untuk aktivitas ke pasar dan sebagainya. Kalau anak-anak sekolah harus memutar dengan jarak tempuh sangat jauh. Bahkan yang sakit segala macam tetap lewat pematang sawah,” ujar dia.

Menurut Mulyana, dirinya bersama warga sempat melakukan musyawarah untuk mecari solusi akibat longsor tersebut dengan membuat akses baru, tetapi belum terealisasi, sebab harus memberikan ganti rugi pembebasan lahan sawah milik warga.

“Sudah melakukan musyawarah dengan warga setempat untuk mengalihkan. Tentu membebaskan lahan para petani, otomatis akan ada ganti rugi,” tuturnya.

Mulyana mengatakan, peristiwa longsor tersebut sudah dilaporkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Kecamatan , tetapi hingga kini belum ada satu pun aparat pemerintah yang meninjau. Guna menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, polsek setempat memasang pengaman garis polisi.