Friday, 19 April 2024
HomeNasionalViraL! Burung Lovebird Jadi Mas Kawin

ViraL! Burung Lovebird Jadi Mas Kawin

BOGOR DAILY-Di media sosial viral potongan video ijab-kabul pengantin dengan cara Islam. Di situ mempelai pria menjadikan burung sebagai salah satu maskawin. Apa pandangan Majelis Ulama Indonesia soal hal ini? “Pada prinsipnya, yang namanya maskawin itu adalah hak pengantin perempuan dan wali pengantin perempuan,” kata Wasekjen Bidang Fatwa MUI KH Sholahudin Al-Ayub, Senin (7/5/2018).

Sholahudin menjelaskan segala sesuatu yang dimubahkan atau dibolehkan secara Islam bisa dijadikan mahar. Dengan catatan, pengantin perempuan dan walinya rida atau setuju. “Syaratnya yang penting adalah, dia itu sesuatu yang mubah, tidak ada larangan agama untuk masalah itu. Nah, pertanyaannya, burung itu sesuatu yang mubah apa nggak?” ucapnya.

“Para ulama sendiri ada yang berbeda pendapat tentang masalah ini, ya. Ada yang mengatakan ini tidak boleh secara mutlak. Karena apa, karena habitatnya dia sebenarnya kan di alam bebas, ini dikerangkeng. Ada yang mengatakan ini sesuatu yang boleh-boleh saja,” sambungnya.

Sholahudin menilai tidak mempermasalahkan burung dijadikan mahar. Baginya, burung adalah burung yang dimubahkan, sama saja seperti burung dara. Baginya, burung kicau ini boleh dijadikan mahar.

Ia menegaskan tiga hal penting terkait mahar. Pertama, mahar adalah hak wali dan mempelai perempuan. Kedua, mahar seharusnya tidak memberatkan. Ketiga, mahar berupa sesuatu yang mubah atau halal, tidak sesuatu yang dilarang agama.

“Dalam Islam itu dianjurkan supaya mahar itu tidak mahal-mahal. Artinya, yang ringan, sehingga para pemuda yang menikah itu bisa menjalankannya. Ada beberapa adat istiadat yang mahar pernikahan itu sangat mahal sekali sehingga memberatkan,” sambungnya.

Di media sosial sedang viral potongan video prosesi ijab-kabul pengantin. Uniknya, mempelai pria menjadikan burung sebagai salah satu maskawin. “Dengan maskawin burung dan uang seratus delapan puluh ribu rupiah dibayar tunai,” kata penghulu.

“Saya terima nikahnya Mara Elviesta binti Koko Asmara dengan maskawin uang seratus delapan puluh ribu rupiah dan sepasang burung dibayar tunai,” ujar mempelai pria dengan lancar. Di atas meja penghulu tersebut tampak ada sangkar burung berisi sepasang burung yang dijadikan maskawin.

Belum diketahui kapan dan di mana kejadian ijab-kabul yang viral ini. Di Facebook sendiri ada cukup banyak akun yang mengunggah potongan video ini. Di medsos sendiri banyak yang berkomentar. Ada yang menilai ini unik, ada pula yang mempertanyakan kenapa maskawinnya tidak seperangkat alat salat.