Tuesday, 16 April 2024
HomeNasionalBangkai KM Sinar Bangun ada di Kedalaman 450 Meter

Bangkai KM Sinar Bangun ada di Kedalaman 450 Meter

BOGOR DAILY-Pencarian kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Senin, 18 Juni 2018 lalu, menunjukkan perkembangan signifikan. Alat ROV ECA H1000 berhasil menemukan lokasi kapal tenggelam dan korban di dasar danau, pada Kamis 28 Juni 2018.

Dilansir INews, dalam video terlihat dengan jelas menunjukkan objek yang diduga KM Sinar Bangun dan juga sepeda motor yang diangkut menggunakan kapal tersebut.

Sebelumnya, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi menyampaikan, pihaknya berhasil menemukan bangkai Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di dasar Danau Toba, Sumatera Utara, pada Minggu 24 Juni 2018 kemarin.

Menurut Syaugi, hasil Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) memperlihatkan objek KM Sinar Bangun dan korban berada di titik kordinat 02 derajat 47 menit 03,7203 detik, kemudian 98 derajat 46 menit 11,1499 detik east, dengan kedalaman kurang lebih 450 meter.

“Atas pertolongan Allah SWT, siang tadi kita diberikan perkembangan yang sangat signifikan untuk bisa melihat korban-korban tersebut dan barang-barang di kapal tersebut,” ungkap Syaugi di kantornya.

Syaugi melanjutkan, kini tim gabungan yang terdiri dari TNI kepolisian dan instansi lainnya masih berkoordinasi mencari cara untuk mengangkat bangkai dan para korban yang terjebak di kedalaman 450 meter tersebut.

“Kita masih memikirkan, karena kita belum punya alat untuk mengangkat dari kedalaman 450 meter, saya sudah tanya di rekan-rekan saya, tentang kejadian-kejadian sebelumnya itu kurang lebih di 100 meter,” pungkasnya.