Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalIngat! Besok Pendaftaran Bakal Caleg Dibuka

Ingat! Besok Pendaftaran Bakal Caleg Dibuka

BOGOR DAILY –Ketua Komisi Pemilihan Umum () Arief Budiman menjelaskan mekanisme bakal calon legislatif (bacaleg). bacaleg 2019 sendiri mulai dibuka besok hari, Rabu, 4 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018.

Menurut Arief, masing-masing partai politik mendaftarkan bakal calonnya sesuai dengan daerah pilih di masing-masing tingkatan.

“Kalau bacaleg DPRD Kab/Kota didaftarkan oleh pengurus partai tingkat Kab/Kota di Kab/Kota,” ujar Arief, di Gedung RI, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).

Sedangkan untuk bacaleg di tingkat Provinsi, didaftarkan oleh pengurus partai tingkat provinsi ke Provinsi.

“Begitu seterusnya. Kalau provinsi ada DPD juga,” kata Arief.

Saat didaftarkan, bacaleg hanya boleh diajukan oleh satu parpol di satu daerah pilih dalam satu tingkatan dewan perwakilan. Mereka pun harus memasukan data lewat Silon (sistem informasi calon). Ini dilakukan agar tak ada lagi bacaleg ganda, baik di parpol, dapil maupun pada tingkatan dewan perwakilan yang berbeda.

“Dulu sebelum kita punya sistem ini hal semacam ini terjadi (bacaleg ganda). Ketahuannya baru mau pas ditetapkan DCT (daftar calon tetap). Nah itu kan merepotkan,” ungkap Arief.

Menurut Arief, penggunaan silon dapat memudahkan banyak pihak. Bukan hanya bagi penyelenggara dan partai politik, namun juga bagi masyarakat. Sebab, lewat silon mereka dapat melakukan pengecekkan terhadap data maupun riwayat bakal calon legislatif yang didaftarkan. pun telah memberikan akun untuk mengisi silon tersebut.

“Jadi 30 hari sebelum tanggal 4, udah kita berikan akunnya, username dan password,” ujarnya.

sumber: Merdeka.com