Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSiap-siap! Di Tanggal Ini Uji Coba Jalur 2-1 di Puncak Bogor

Siap-siap! Di Tanggal Ini Uji Coba Jalur 2-1 di Puncak Bogor

- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan melakukan persiapan kanalisasi jalur 2-1 dari mulai Gadog Ciawi sampai Taman Safari Bogor. Kanalisasi ini dibangun untuk mengurangi kesemrawutan arus lalu lintas di kawasan wisata tersebut.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengungkapkan, rencananya BPTJ dengan Pemerintah Kabupaten Bogor akan melakukan uji coba skema optimalisasi lajur 2-1 di Jalur . Dari mulai Gadog Ciawi sampai Taman Safari Bogor.

“Pemerintah Kabupaten Bogor akan membuat rest area. Nantinya wisatawan itu berhenti di rest area. Dan kalau nanti mau berwisata ke menggunakan kendaraan Bus yang disediakan BPTJ,” katanya dalam rapat pembahasan perencanaan skema optimalisasi lajur 2-1 di Jalur di aula Bappeda Litbang, Kamis (3/10/2019).

Ia menjelaskan, pihak BPTJ akan segera memasang Traffic Lalu Lintas sebanyak 1.000, dan itu tujuannya untuk uji coba apakah efektif atau sebaliknya.

“Kita juga belum mempersiapkan semuanya karena memang banyak, tapi pasti dipersiapkan nanti,” jelasnya.

Terkait uji coba tersebut, untuk skema optimalisasi lajur 2-1 di Jalur dari Gadog Ciawi sampai Taman Safari, akan di uji pada 27 Oktober dan 3 November 2019.  “Nanti Senin kita akan bahas lagi. Dan untuk ujicoba kedua, jikalau ujicoba pertama selesai, maka akan dilaksanakan pada 3 November,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Bogor AKP M. Fadli Amir mengatakan, skema optimalisasi lajur 2-1 di Jalur ini harus banyak disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kita juga butuh kajian nanti, apakah traffic Kons nya harus lebih banyak apa seperti bagaimana nantinya. Yang jelas ini bukan hal yang mudah. Kalau di lapangan kan harus uji coba kelayakan dulu,” jelas pria yang mengenakan kacamata ini.

Ia mencontohkan, skema optimalisasi lajur 2-1 di Jalur ini, jikalau pagi biasanya macet ke atas maka skemanya dari bawah ke atas dua jalur, dan dari atas ke bawah satu jalur.

“Nah jika siang biasanya kan ke bawah macetnya, kebalikannya, dua jalur ke bawah satu jalur ke atas,” jelasnya lagi.

Ia menambahkan, prediksinya untuk penguraiannya mungkin akan lebih panjang. Karena biasanya one way menghabiskan waktu selama 3 jam. Maka dengan adanya skema optimalisasi lajur 2-1 di jalur ini akan menambah jam. “Biasanya tiga jam, mungkin nanti bisa lebih 4 sampai 6 jam,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bogor Sarifah Sofiah mengatakan, pemerintah daerah nanti akan membuat rest area, dan BPTJ nantinya akan menyediakan bus untuk para wisatawan.

“Di rest area itu nantinya juga akan diisi oleh UKM-UKM. Idealnya sebenarnya ke sana. Contohnya jikalau diterapkan 10 mobil wisatawan bisa di ganti dengan satu mobil untuk mengangkut mereka menuju wisata-wisata disana seperti Taman Safari, Taman Matahari dan yang lainnya juga,”pungkas Sarifah. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here