Friday, 29 March 2024
HomeBeritaNekat Mudik, PNS bakal Dipecat

Nekat Mudik, PNS bakal Dipecat

BOGOR DAILY- Pemerintah telah melarang keras aparatur sipil negara (ASN) alias , TNI, Polri, pegawai BUMN dan anak usaha BUMN untuk selama pandemi virus Corona (COVID-19). Jika ketahuan , ada sanksi berat yang harus diterima.

Asisten Deputi Integritas dan Evaluasi Sistem Merit Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Bambang Dayanto Sumarsono mengatakan ada tiga jenis pelanggaran yang dijatuhkan yakni hukuman ringan, sedang, dan berat.

“Tindak lanjut dugaan pelanggaran disiplin hukumannya, tata cara, maupun mekanisme diatur sesuai dengan kebutuhan instansi masing-masing. Ada berbagai kategori hukuman disiplin ringan, hukuman sedang, maupun berat,” kata Bambang dikutip melalui YouTube BNPB, Kamis (30/4/2020).

Secara lebih rinci, Bambang menjelaskan untuk hukuman ringan yakni teguran lisan dan pernyataan tidak puas instansi terhadap ASN tersebut baik secara lisan maupun tertulis.

“Kemudian kategori dua sudah hukuman sedang itu sudah menyangkut administrasi kepegawaiannya antara lain dia tidak bisa naik gaji golongan secara berkala, tidak diizinkan naik pangkat dan bahkan diturunkan pangkatnya,” ujarnya melanjutkan.

Sedangkan untuk hukuman berat atau paling berat akan diturunkan pangkat selama tiga tahun non job, diturunkan jabatannya dan diberhentikan secara tidak hormat.

“Yang berat itu turun pangkat selama tiga tahun non job kemudian diturunkan jabatannya bahkan pemberhentian tidak hormat tidak atas keinginannya sendiri,” tegasnya.

Catatan merah ini akan dimasukkan ke SAPK-BKN yang merupakan sistem aplikasi pelayanan kepegawaian BKN. Dampaknya, kata Bambang, akan berpengaruh terhadap karirnya ke depan. “Ini jadi catatan dan berpengaruh terhadap karir mereka nantinya,” imbuhnya.

Aturan itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 41/2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here