Friday, 26 April 2024
HomeNasional1,5 Tahun Menunggu, Marc Klok Kini Resmi jadi WNI

1,5 Tahun Menunggu, Marc Klok Kini Resmi jadi WNI

BOGORDAILY – Setelah penantian selama 1,5 tahun ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), akhirnya Marc Klok yang juga pemain Jakarta resmi menjadi WNI pada Kamis (12/11/2020) ini.

Ia akan menggunakan KTP dengan alamat Jakarta Selatan.

Marc Klok, yang berasal dari Belanda, diambil sumpahnya di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta di kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Perjuangannya mendapat status WNI akhirnya rampung setelah mengurusnya selama 1,5 tahun terakhir.

Pemain berusia 27 tahun itu dicatat sebagai orang Jakarta Selatan sebagaimana tercantum di Kartu Tanpa Penduduk (KTP). Jakarta Selatan merujuk lokasi Kantor yang juga ikut mengurus proses naturalisasinya.

Sebenarnya Klok tinggal di Bali karena punya rumah di sana. Soal KTP, Klok belum langsung mendapatkannya sebagai tanda sah menjadi WNI.

“KTP bakal mengurus besok. Alamatnya pakai Jakarta Selatan. Saya mau menikmati ini dengan istri. Menikmati dengan keluarga dan saya punya rumah di Bali,” kata Klok setelah disumpah menjadi WNI.

“Saya akan kembali ke Bali setelah mengambil paspor dan KTP, saya menikmati proses ini. Sekarang saya mau memulai untuk memberikan sesuatu untuk orang-orang Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Kekasih Klok, Cacharel Day, saat ini tengah mengandung anak pertama mereka. Klok ingin sang anak menjadi orang Indonesia juga. Sementara istrinya akan tetap berstatus sebagai Warga Belanda dan tak punya niatan menyusul menjadi WNI.

“Dia (calon anak) akan tinggal di Jakarta, Indonesia. Menjadi warga negara dan untuk memegang paspor Warga Negara Indonesia juga,” tutur pemain binaan FC Utrecht itu.

Dengan sahnya ia menjadi WNI, Klok juga berharap bisa berkontribusi buat Indonesia. Bisa lewat sepakbola dengan memperkuat Timnas Indonesia atau juga dengan mengabdi buat masyarakat.

Kebetulan Klok memang banyak melakukan kegiatan sosial di masa pandemi ini terutama setelah merebaknya pandemi COVID-19 yang turut melanda Indonesia. Ia terlibat dalam projectnasi bersama para entrepreneur asal Australia.

“Saya sudah menunggu lama sekali momen ini dan akhirnya saya bisa bermain untuk Timnas Indonesia dan saya bisa memberikan prestasi tertinggi untuk negara ini,” tutur eks pemain .

“Dia (Klok) punya projectnasi, kegiatannya seperti bagi-bagi sembako. Punya projek itu dengan teman-temannya di Bali dan dibagikan setiap hari 200 kepala keluarga dikasih oleh Klok sejak Maret lalu,” tutur salah seorang rekan dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here