Friday, 26 April 2024
HomeBeritaAbu Bakar Baasyir Dirawat di RSCM sejak 24 November 2020

Abu Bakar Baasyir Dirawat di RSCM sejak 24 November 2020

BOGOR DAILY- Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dirawat di RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (). Direktur Utama Lies Dina menyatakan Abu Bakar Ba'asyir sudah dirawat sejak 24 November 2020.

“Bahwa benar Bapak Abu Bakar Ba'asyir saat ini sedang dalam proses perawatan di RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo () sejak 24 November 2020 lalu karena kondisi kesehatan yang mulai menurun,” kata Dina dalam keterangannya pada Sabtu (28/11/2020).

Dina menjelaskan Abu Bakar Ba'asyir didampingi oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. Selain itu, juga didampingi oleh Ditjen PAS KemenkumHAM.

“Kedatangan pasien didampingi oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dan dikirimkan oleh Ditjen PAS,” ujarnya.

Menurut Dina, kondisi Abu Bakar Ba'asyir stabil. Hingga saat ini, tim dokter masih terus melakukan perawatan dan pemantauan kesehatan terhadap terpidana kasus terorisme itu.

“Kondisi pasien relatif stabil dan masih dalam perawatan oleh tim dokter sesuai penyakitnya serta akan tetap dipantau secara terus menerus yang merupakan tanggung jawab dalam melayani masyarakat yang datang berobat,” tuturnya.

Dina menyebut pihak hanya bertugas untuk melayani kesehatan Abu Bakar Ba'asyir. Ia menegaskan tugas penjagaan terhadap yang bersangkutan merupakan tugas dari kementerian dan institusi terkait.

“Kami laksanakan layanan kesehatannya. Untuk penjagaan dan hal lain terkait kewenangan khusus lainnya tentu oleh kementrian atau institusi terkait,” imbuhnya.

Penjelasan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Divisi Pas Kanwil) Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) mengenai Abu Bakar Ba'asyir. Bca di halaman selanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kadiv Pas Kanwil) Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Abdul Aris mengonfirmasi kabar kondisi kesehatan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir menurun. Abdul mengungkapkan Ba'asyir saat ini sedang menjalani perawatan di , Jakarta Pusat.

“Dibawa ke sejak tanggal 24 November,” ujar Abdul saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (27/11).

Abdul menyebut ada tim yang mengawal Ba'asyir selama menjalani perawatan di . Salah satu tim yang menjaga dari Densus 88.

“Ada pengawalan dari Lapas dan anggota Densus 88,” terang Abdul.

Menurut Abdul, Ba'asyir menderita beberapa penyakit. Ba'asyir sempat menderita demam tinggi.

“Sakitnya komplikasi. Lima hari, tempo hari demam tinggi, nyeri kepala, dan radang,” ungkap Abdul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here