Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaKerumunan Acara Habib Rizieq Berujung Ridwan Kamil Dipanggil Bareskrim

Kerumunan Acara Habib Rizieq Berujung Ridwan Kamil Dipanggil Bareskrim

BOGORDAILY – Gubernur Jabar akan dimintai keterangan oleh polisi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 saat acara yang dihadiri Habib Rizieq di Kabupaten Bogor. Bareskrim Polri menjadwalkan memanggil Emil, sapaaan Ridwan, pada Jumat (20/11/2020).

Kabar soal Emil dipangggil ke Bareskrim Polri ini disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Erdi A Chaniago. “Iya (dimintai keterangan). Iya terkait Megamendung. Kalau RK hari Jumat ini di Mabes Polri, di Bareskrim,” ucap Erdi, Rabu (18/11).

Mabes Polri juga menyampaikan bahwa persoalan kerumunan massa acara Habib Rizieq itu ditangani Bareskrim dan Polda Jabar. “Yang tangani kasus ini kan Bareskrim dengan Polda Jabar,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Rabu (18/11/2020).

Kegiatan di Megamendung, Kabupaten Bogor, yang dihadiri Habib Rizieq itu berbuntut panjang. Emil siap bertanggung jawab.

“Apa pun yang terjadi di wilayah provinsi Jabar, ini tentunya tanggung jawab gubernur. Jadi kalau peristiwa hari ini ingin mencari siapa yang bertanggung jawab, tentunya saya yang bertanggung jawab sebagai pimpinan,” ujar Emil usai rapat koordinasi pengendalian COVID-19 di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (17/11).

Emil juga turut menyampaikan permohonan maaf atas apa yang terjadi di wilayah Jawa Barat. Pihaknya bakal memperbaiki kesalahan yang terjadi.

“Dan saya menghaturkan permohonan maaf jika dinamika ini membuat situasi kurang baik, jadi permohonan saya sangat tulus teriring juga untuk memperbaiki jika ada kekeliruan dalam manajemen COVID di mata banyak pihak,” ujar Emil.

Sekadar diketahui, pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab mengunjungi Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu (14/11). Para santri antusiasme menyambut kedatangan Rizieq.

Dalam kegiatan itu terjadi kerumunan massa. Sebagian mereka ada yang tak mengenakan masker.

Acara tersebut berbuntut panjang. Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dan digantikan Irjen Ahmad Dofiri. Rudy dianggap lalai menerapkan protokol kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here