Publikasi Kinerja Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor Tahun 2021

  • Whatsapp

FORUM PERANGKAT DAERAH

Dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Kerja (Renja) tahun 2022, Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kabupaten Bogor menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah. Acara yang berlangsung, Kamis 25 Maret 2021 bertempat di Aula Pertemuan Gedung Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor.

Pada acara yang digelar dengan protokol kesehatan ini, hadir para pejabat struktural DAP Kabupaten Bogor, perwakilan dari BKPSDM, Diskominfo, Disdik, BPKAD, Bappedalitbang, DPMD, Duta Baca, perwakilan SMPN 2 Sukaraja, jajaran aparat Kecamatan Kemang, Kecamatan Tajurhalang, dan Kecamatan Leuwisadeng, serta hadir secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting beberapa unsur pemerintahan dan stakeholder.

Forum Perangkat Daerah DAP Kabupaten Bogor dilaksanakan dalam rangka menghimpun masukan dan usulan kegiatan dari perangkat daerah lain sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022 DAP Kabupaten Bogor. Forum dibuka oleh Kepala DAP Kabupaten Bogor, H. Tb. A. Luthfie Syam. Dalam sambutannya menyampaikan pesan agar peserta forum diharapkan memberikan masukan kegiatan kepada DAP agar dalam penyusunan Renja DAP Tahun 2022 betul-betul dapat bermanfaat bagi perangkat daerah dan masyarakat luas khususnya.

Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan memiliki tema “Arsip dan Perpustakaan untuk Kesejahteraan Masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi”. Acara inti dari forum ini adalah paparan program dan kegiatan yang disampaikan Kepala DAP Kabupaten Bogor H. Tb. A. Luthfie Syam, yang dilanjutkan dengan tanya jawab yang dimoderatori oleh Sekretaris Dinas DAP Kabupaten Bogor Drs. Nana Mulyana, M. Si.

Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah diharapkan agar usulan dari stakeholder (pemangku kepentingan) dapat berjalan linier dengan arah kebijakan pemerintah dalam hal ini terkait dengan Pemulihan Ekonomi, IKU Daerah, dan program Pancakarsa sehingga masukan atau usulan dari kecamatan dapat lebih substansial.

Dinas DAP Kabupaten Bogor berharap besar bahwa dalam masa pandemi seperti saat ini dapat memberikan peran untuk pemulihan ekonomi, yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Adapun langkah konkretnya, DAP mengajak masyarakat luas untuk dapat memanfaatkan “Digitalisasi Arsip” dengan alih media untuk kemudian diotentifikasi, yaitu masyarakat dapat mengalih mediakan (scan) surat-surat berharga yang dimiliki, kemudian DAP menerbitkan sertifikasi yang bekerja sama dengan BSSN yang menerangkan bahwa surat tersebut telah disimpan dalam arsip digital yang kegunaannya sama dengan aslinya (berbeda dengan legalisir). Jadi masyarakat dapat lebih merasa tenang dan aman dalam menyimpan surat-surat yang dimiliki.

Dalam bidang perpustakaan, DAP juga mendorong masyarakat dapat mengunjungi perpustakaan DAP dan dapat memanfaatkan koleksi buku yang ada. Dalam masa pandemi sekarang, tentunya dengan mengakses perpustakaan daerah melalui  aplikasi “i bogorkab” (dapat diunduh di playstore) adalah sebagai salah satu alternatif solusi dalam pembelajaran jarak jauh. Kiranya dengan beberapa program unggulan ini, “Otentifikasi Arsip” dan “Digital Library (Perpustakaan Digital)” kedepannya dapat menjadikan nilai dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk pemulihan ekonomi.

Dalam Forum Perangkat Daerah ini, DAP berharap besar agar usulan-usulan yang diajukan berjalan linier sesuai dengan substansi Indikator Kinerja DAP.

Acara ini ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan hasil Forum Perangkat Daerah oleh Perwakilan Peserta Forum Perangkat Daerah Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor Tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *